VIDEO: Saksikan Kompetisi Piala Wali Kota Solo, Eksklusif di Indosiar dan Vidio

VIDEO: Saksikan Kompetisi Piala Wali Kota Solo, Eksklusif di Indosiar dan Vidio

Di tengah gelaran Piala Eropa 2020 yang akan bergulir 12 Juni nanti, kompetisi sepak bola Indonesia juga tidak akan ketinggalan dalam memberikan pertandingan sepak bola berkelas. Indosiar dan Vidio akan secara eksklusif menyiarkan Piala Wali Kota Solo pada tanggal 20 Juni hingga 26 Juni 2021.

Turnamen yang digagas Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, akan dihelat di Stadion Manahan dan akan diikuti oleh 4 klub Liga 1 dan 4 klub dari Liga 2. Selain Persis Solo selaku tuan rumahnya, tujuh peserta lainnya yang ikut ambil bagian adalah Bali United, Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, Arema FC, PSG Pati, RANS Cilegon FC, dan Dewa United.

Adapun format pertandingannya adalah sistem knock-out atau babak gugur. Menariknya, delapan klub tersebut berpredikat sebagai tim sultan dengan kekuatan finansial dan skuad yang mewah. Di sisi lain, turnamen yang akan berlangsung satu pekan itu menjadi ajang pemanasan menjelang bergulirnya Liga 1 maupun Liga 2 musim 2021.

Turnamen ini bakal diakomodasi oleh Mahaka Sports and Entertainment sebagai panitia pelaksana (panpel). Mahaka Sports and Entertainment merupakan event organizer (EO) khusus olahraga bentukan PT Mahaka Media Tbk, milik Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga pemilik 20 persen saham di Persis Solo.

Mahaka selama ini sempat menggelar sejumlah turnamen sepak bola di Tanah Air. Seperti Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman 2015, Piala Bhayangkara 2016, Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016, hingga Piala Presiden 2019.

Sebelumnya Solo dan Stadion Manahan sukses menjadi tuan rumah Piala Menpora 2021. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka memastikan izin pertandingan turnamen sudah selesai, tinggal kedatangan tim peserta dan pelaksanaan pertandingan.

Sementara terkait anggaran untuk penyelenggaraan turnamen, sang Wali Kota memastikan berasal dari sponsor. Adapun tim juara di turnamen ini akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp500 juta, Rp300 juta untuk runner-up, peringkat ketiga Rp 200 juta, dan posisi keempat Rp100 juta. Kemudian terdapat match fee pada setiap pertandingan sebesar Rp75 juta bagi tim yang menang dan Rp40 juta untuk yang kalah.

Piala Wali Kota Solo akan disiarkan secara eksklusif oleh Indosiar dan Vidio pada tanggal 20 Juni hingga 26 Juni 2021. Jadi, jangan ketinggalan untuk menyaksikan dan mendukung klub kebanggan kalian yah.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 09 June 2021, 09:21 WIB

Video Terkait

Spotlights