Sukses


Polemik Ezra Walian Tuntas, PSSI Tunggu Rekomendasi Shin Tae-yong soal Naturalisasi Pemain Lain untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Polemik status Ezra Walian di FIFA telah tuntas. Kini, PSSI menunggu permintaan pelatih Shin Tae-yong untuk menaturalisasi pemain demi Timnas Indonesia.

Ezra Walian adalah pemain naturalisasi kelahiran Amsterdam, Belanda. Bomber Persib Bandung itu telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2017.

Status Ezra Walian menjadi masalah ketika Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) memberikan memorandum kepada AFC ketika Timnas Indonesia mau bermain di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada 2019.

Ezra Walian jadi tidak dapat membela Timnas Indonesia di kalender FIFA gara-gara naturalisasinya belum legal secara hukum FIFA.

Kasus Ezra Walian tidak membuat PSSI antipati dengan naturalisasi. Kemungkinan kembali menaturalisasi pemain tetap terbuka lebar asalkan direkomendasikan oleh Shin Tae-yong.

"Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road map dari Shin Tae-yong," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Saat ini, Timnas Indonesia masih menjalani karantina setelah pulang dari Dubai, Uni Emirat Arab pada 12 Juni 2021," terang pria asal Gorontalo itu.

2 dari 3 halaman

Pemain Keturunan Bertebaran di Mana-mana

Saat ini, pemain keturunan Indonesia bertebaran di mana-mana, terutama di Eropa.

Nama-nama seperti Sandy Walsh, Kevin Diks, dan Joey Suk santer terdengar bersedia dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Sandy Walsh adalah pemain K.V. Mechelen di Liga Belgia. Sementara Kevin Diks merupakan bek Aarhus Gymnastikforening di Liga Denmark pinjaman dari Fiorentina. Adapun, Joey Suk ialah gelandang HNK Gorica di Liga Kroasia.

"Saya siap dinaturalisasi. Saya pikir, segalanya akan lebih mudah jika saya bermain di Liga Indonesia dan kemudian menjadi WNI untuk menembus Timnas Indonesia. Darah Indonesia saya berasal dari ibu saya. Orang tua ibu saya berasal dari Indonesia," kata Joey Suk dalam wawancara eksklusifnya dengan Bola.com medio April 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer