Sukses


Timnas Indonesia Jalani Pemusatan Latihan Tanpa Shin Tae-yong pada Awal Agustus 2021

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terpaksa absen dalam periode awal pemusatan latihan timnya pada 1 Agustus 2021. Pasalnya, arsitek berusia 51 tahun itu masih berada di Korea Selatan.

Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 5 Agustus 2021. Setelah tiba, nakhoda kelahiran 11 Oktober 1970 itu perlu melewati masa karantina selama lima hari sebelum beraktivitas.

Secara hitung-hitungan, Shin Tae-yong baru bisa memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia paling cepat pada 10 Agustus 2021.

Namun, Shin Tae-yong tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu bakal melakukan supervisi jalannya pemusatan latihan Timnas Indonesia dari kampung halamannya.

"Shin Tae-yong akan datang ke Jakarta pada 5 Agustus 2021. Nantinya, Shin Tae-yong bakal memantau pemusatan latihan secara virtual lebih dulu karena masih berada di Korea Selatan," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dinukil dari laman PSSI.

2 dari 4 halaman

Jadwal Kepulangan Molor

Shin Tae-yong pulang ke Korea Selatan sejak akhir Juni 2021. Arsitek Timnas Indonesia berusia 51 tahun itu diberikan waktu selama 28 hari oleh PSSI untuk mudik ke kampung halamannya.

PSSI mengklaim kepergian Shin Tae-yong ke Negeri Ginseng bertujuan untuk berobat dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Shin Tae-yong pernah terpapar COVID-19 di Indonesia pada Maret 2021. Setelah negatif, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu pulang ke kampung halamannya untuk melanjutkan perawatan karena disebut menderita diabetes.

Menurut Yunus, Shin Tae-yong seharusnya tiba di Indonesia pada 23 Juli 2021. Namun, nakhoda kelahiran 11 Oktober 1970 itu baru bisa kembali pada awal Agustus lantaran medical check-up belum selesai.

"PSSI awalnya berharap Shin Tae-yong kembali ke Indonesia pada 23 Juli 2021 sesuai izin yang diberikan kepadanya selama 28 hari," ujar Yunus.

"Selama 14 hari ia karantina dan 14 hari sisanya dia check-up di Korea Selatan. Namun, karena dia masih membutuhkan waktu untuk berobat, PSSI memaklumi," jelas Yunus.

3 dari 4 halaman

Untuk Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

Pemusatan latihan Timnas Indonesia bertujuan untuk mematangkan persiapan menjelang babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan menghadapi Chinese Taipei dalam play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan format dua leg pada 7 September 2021 dan 12 Oktober 2021.

Kegiatan itu tidak akan berlangsung di Jakarta. Pandemi COVID-19 yang makin tidak terbendung menjadi penyebabnya. PSSI masih akan memilih lokasi antara Samarinda atau Palembang.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer