Sukses


Piala AFF Tetap Digelar Sesuai Jadwal, Ada Kemungkinan Format Turnamen Berubah Lagi

Bola.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengonfirmasi Piala AFF 2020 akan digelar sesuai jadwal. Pengundian babak penyisihan grup rencananya akan digelar pada 10 Agustus mendatang.

Piala AFF 2020 rencananya digelar pada 23 November - 31 Desember tahun lalu. Namun, pandemi COVID-19 membuat ajang dua tahunan itu ditunda.

AFF kemudian mengonfirmasi jadwal baru Piala AFF 2020, yakni pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Ajang ini akan terasa spesial karena bakal menggunakan format baru.

AFF sedang menyiapkan skema untuk menggelar Piala AFF 2020 dengan format home tournament. Artinya, AFF akan menunjuk negara yang akan menjadi tuan rumah Piala AFF 2020.

"Pengundian Piala AFF tahun ini akan berlangsung pada 10 Agustus. Kami juga menyadari perlunya bersiap menghadapi dampak buruk dari pandemi COVID-19," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Perubahan bisa saja terjadi dan kami harus siap bermain di tempat netral untuk memastikan kesehatan para pemain yang jadi prioritas utama. Pengumuman lebih lanjut terkait format turnamen akan dilakukan pada akhir Juli ini," tegas Khiev Sameth.

Pengundian babak penyisihan grup Piala AFF 2020 akan digelar di markas AFF di Kuala Lumpur, Malaysia. Pengundian nantinya akan digelar secara virtual.

2 dari 3 halaman

Diikuti 10 Tim

Piala AFF 2020 rencananya akan diikuti 10 tim. Nantinya, 10 tim tersebut akan dibagi ke dalam dua grup.

Timnas Indonesia akan tergabung di pot kedua bersama Malaysia. Hal ini memungkinkan Timnas Garuda untuk berada satu grup dengan Vietnam atau Thailand yang ada di pot 1.

AFF nantinya akan menunjuk dua negara yang menjadi tuan rumah untuk masing-masing grup. Pertandingan semifinal dan final yang biasanya digelar kandang-tandang juga akan berlangsung di satu tempat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer