Sukses


11 Tahun Berkarier di Indonesia, Osvaldo Lessa Terima Tantangan di Nepal

Bola.com, Malang - Mantan pelatih Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC, Osvaldo Lessa dipastikan tidak melanjutkan kariernya di Indonesia. Padahal sudah sebelas tahun berturut-turut dia berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Baik sebagai pelatih fisik, asisten hingga pelatih kepala pernah ia jalani di tim Indonesia. Hanya saja dalam waktu dekat, dia akan melatih salah satu klub di Nepal.

"Mungkin minggu depan saya berangkat ke Nepal. Jadi pelatih kepala di sana. Dan September kompetisinya akan diputar,” jawab pelatih 54 tahun ini.

Keputusan pergi ke Nepal diambil karena di Indonesia sampai saat ini kompetisi tak kunjung dimulai. Dia juga tidak ada komunikasi dengan klub di Liga 1. Terakhir, Osvaldo Lessa menjabat sebagai penerjemah di Persija Jakarta musim 2020.

Setelah itu, kompetisi terhenti karena pandemi virus corona. Lessa memutuskan pulang ke Brasil dan masuk dalam tim kepelatihan di sekolah sepak bola Gremio atau klub kasta tertinggi di Liga Brasil.

"Bagi saya, ke Nepal jadi sebuah tantangan baru. Tapi saya sudah lama di Asia. Sebelum ke Indonesia, sempat di Arab Saudi. Jadi, untuk saya bagus karena kenal sepak bola Asia. Tentu di Nepal akan melanjutkan program dari Amerika Latin. Bagaimana cara kami main bola,” jelasnya.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Gabung Tim Liga Nepal

Hanya saja Osvaldo Lessa belum bisa menyebutkan klub Liga Nepal mana yang akan dituju. Karena dia akan menunggu klub tersebut lebih dulu memberikan pengumuman. Setelah itu baru dia bisa berkomentar.

Sebenarnya, Osvaldo Lessa belum mengetahui seperti apa sepak bola Nepal. Namun dia memprediksi tidak akan ada banyak perbedaan dengan sepak bola negara Asia lainnya.

Yang pasti ia berusaha mengaplikasikan cara bermain sepakbola khas Amerika Latin yang menghibur. Namun, ke depan tidak menutup kemungkinan dia kembali ke Indonesia. Karena Lessa punya hubungan baik dengan banyak orang di Indonesia.

"Saat ini saya masih dapat informasi sepa kbola Indonesia dari teman. Tapi tidak banyak (informasinya),” tegasnya. Maklum, sepak bola Indonesia saat ini belum jelas kapan dimulai. Terakhir, PT Liga Indonesia Baru berencana memutar Liga 1 pada akhir Agustus.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer