Sukses


Berbisnis di Masa Pandemi, Produk Sepatu Hamka Hamzah Justru Laris Manis

Bola.com, Jakarta - Manajer sekaligus kapten tim Liga 2, Rans Cilegon FC, Hamka Hamzah, sepertinya punya bakat jadi pebisnis. Satu lini usahanya bisa eksis di masa pandemi, yakni produk sepatu bola berlabel H 23 Sport yang baru diluncurkan awal Juni.

Hampir di setiap markas klub yang pernah disinggahi Hamka Hamzah, penjualan sepatunya tergolong laku keras. Bek berusia 37 tahun itu mengatakan penjualan sepatunya sudah melebihi ekspektasi.

“Alhamdulilah ternyata penjualan sepatu ini di luar ekspektasi saya dan tim. Ternyata produk lokal juga sangat dicintai kalangan sepak bola. Mungkin karena harga masih terjangkau dan kualitasnya tak kalah jauh dari produk di luar,” jelas Hamka, Minggu (25/7/2021). 

Saat ini, penjualan sepatu yang baru diproduksi dua warna, hitam dan putih itu sudah melebihi 1.500 pasang. Untuk ukuran pendatang di kancah sepatu sepak bola, penjualan itu dianggap bagus.

“Dari pembuatan awal 2.000 sepatu, kini sudah laku 1.500 lebih. Mohon doanya dan jangan lupa beli,” lanjut Hamka sambil tertawa.

Hamka membongkar kunci marketing penjualan sepatunya. Dia melihat tim produksi hingga marketing kompak bergerak di media sosial. Mereka juga keliling toko-toko yang menjual peralatan olahraga di berbagai kota untuk menjadi reseller.

Hamka juga dekat dengan para selebritas Indonesia. Mereka ikut membantu promosi dengan memakai sepatu itu, seperti penyanyi Judika dan lainnya.

“Mungkin di daerah juga penjualannya bagus karena harganya masih terjangkau. Ditambah saya juga selalu pakai produk ini setiap latihan dan bertanding. Nama Hamka Hamzah masih sedikit menjual. Hehe,” candanya.

 

2 dari 3 halaman

Terlibat Produksi hingga Pemasaran

Hamka mengatakan banyak terlibat dalam bisnis sepatu itu. Dia tak sekedar pasang nama di sebuah produsen sepatu lalu dijual. Hamka justru terlibat dalam membuat desain sepatu hingga mencari pabrik yang bisa memproduksi sepatunya.

“Keterlibatan saya secara langsung sejak awal. Dari mencari pabrik-pabrik sepatu yang bisa membuat desain sepatu harapan saya. Sampai membentuk tim pemasarannya,” sambung Hamka.

Selama pandemi dia punya banyak waktu mengurusi bisnis ini, karena kompetisi masih terhenti. Selanjutnya, Hamka akan melanjutkan keberhasilan peluncuran model sepatu pertamanya.

Dia sudah menyiapkan model sepatu kedua. Dia mengklaim produk kedua ini akan banyak perubahan untuk membuat sepatunya lebih sempurna.

“Insyaallah produk kedua akan ada perubahan. Kami menerima banyak masukan dari reseller dan pembeli apa saja kekurangan dan kelebihannya. Kami akan buat lebih bagus lagi ke depannya,” tegas dia.

Hamka juga akan merambah ke sepatu futsal. Produsen sepatu bola umumnya memiliki produk untuk futsal. “Doakan H 23 Sport ini bukan hanya produksi sepatu bola saja. Nanti akan ada futsal juga. Intinya yakin dengan apa yang kita jalani,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer