Sukses


Persis Tambah Pemain Naturalisasi, Yu Hyun Koo Resmi Bergabung

Bola.com, Solo - Persis Solo kembali aktif mendatangkan pemain baru jelang bergulirnya Liga 2 2021. Rekrutan terbaru Laskar Sambenyawa, julukan Persis, adalah gelandang berdarah Korea Selatan, Yu Hyun Koo.

Mantan pemain Sriwijaya FC itu resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persis Solo, Jumat (20/8/2021). Yu Hyun Koo telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada bulan lalu dan secara regulasi diperbolehkan bermain untuk kompetisi kasta kedua.

Kabar Yu Hyun Koo bergabung dengan Persis sebenarnya sudah tersiar sejak beberapa hari lalu. Pemain berusia 38 tahun itu pernah mejeng berfoto bersama skuad Persis ketika berziarah ke makam Mangkunegara I atau Raden Mas Said yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawa di Astana Mangadeg, Kabupaten Karanganyar.

Kedatangan Yu Hyun Koo ke Persis sekaligus menambah deretan pemain naturalisasi yang ada di tim. Sebelumnya sudah ada nama Alberto Goncalves, Khairallah Abdelkbir, dan Fabiano Beltrame. Target dan keseriusan Persis menjadi alasan bagi Yu Hyun Koo bergabung.

"Saya di sini karena sudah tahu target tim ini, makanya saya memilih Persis Solo. Seluruh Indonesia sudah tahu bagaimana tim ini dan rencana ke depannya. Saya juga senang terutama dengan adanya target ke Liga 1 yang memperlihatkan kalau tim ini serius. Materi pemain juga cukup bagus, jadi saya senang ada di sini," terangnya.

2 dari 3 halaman

Segera Beradaptasi

Yu Hyun Koo sudah cukup lama bermain di Liga Indonesia. Ia bermain di Semen Padang yang kemudian berpindah ke Sriwijaya FC dan Kalteng Putra. Menjelang Liga 2 musim ini, dirinya sempat ikut seleksi di Muba Babel United sebelum akhirnya berseragam Persis Solo.

Ia sangat antusias segera merumput di atas lapangan untuk Persis. Menurutnya, skuad Persis diisi oleh banyak pemain berkualitas demi sebuah target utama, yakni lolos ke Liga 1.

Adaptasi menjadi satu di antara tantangan yang harus ditempuhnya untuk menyongsong kompetisi. Terlebih dirinya baru pertama kalinya mencicipi persaingan di kasta kedua.

"Kelihatan tim ini sangat kompak. Banyak pemain bagus di sini, tapi tidak ada yang merasa paling unggul, merasa jadi bintang. Semua pemain satu suara dan satu target ke Liga 1," ujar pemain naturalisasi kelahiran Korea Selatan itu.

"Sampai sekarang saya belum pernah main di Liga 2 dan belum tahu Liga 2 seperti apa. Saya gabung ke Persis, jadi harus cepat adaptasi. Dengan menaikkan kondisi fisik, dan taktik Persis," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Kapan Liga 2 Bergulir?

Liga 2 2021 rencananya digulirkan tiga pekan setelah BRI Liga 1 2021/2022. Bila BRI Liga dimulai 27 Agustus, maka Liga 2 berpotensi kick-off pada 10 September 2021.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, menyebut PT LIB dan PSSI masih berembuk untuk mencari formula yang tepat untuk Liga 2. Hal ini dikarenakan skala kompetisi lebih luas plus jumlah peserta lebih banyak ketimbang Liga 1.

"Kami berdiskusi dengan PSSI untuk menentukan formatnya seperti apa. Mana yang kira-kira cocok untuk memenuhi standar kualitas Liga 2," kata Sudjarno.

PT LIB dan PSSI sedang berunding untuk menentukan format baru yakni tiga hingga empat grup karena situasi pandemi COVID-19. Namun, mereka juga tak menutup peluang tetap menggunakan format lama yakni sistem dua wilayah.

"Kami berharap, Liga 2 bergulir mulai September 2021," tegas Sudjarno.

Liga 2 2021/2022 masih akan diikuti 24 tim. Kompetisi musim ini juga akan memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Video Populer

Foto Populer