Sukses


Liga 2: Ada Andil Beto Goncalves Saat Yu Hyun Koo Memutuskan Gabung Persis

Bola.com, Solo - Persis Solo belum lama ini kembali memperkenalkan rekrutan terbaru untuk menghadapi Liga 2 2021, yaitu gelandang berdarah Korea Selatan, Yu Hyun Koo. Ternyata kedatangan pemain naturalisasi asal Korea Selatan itu tak lepas dari peran Alberto Goncalves yang juga kini berseragam Persis.

Kedatangan Yu Hyun Koo di Persis Solo sebenarnya sudah cukup lama bocor ke publik. Setelah tidak melanjutkan trial bersama Muba Babel United, Yu Hyun Koo bergegas ke Solo.

Fotonya bersama rombongan penggawa Persis pernah bocor ketika ikut berziarah ke makam Mangkunegara I atau Raden Mas Said yang dikenal sebagai Pangeran Sambernyawa di Astana Mangadeg, Kabupaten Karanganyar.

Yu Hyun Koo menjalani trial dan belum diperkenalkan oleh manajemen Persis Solo karena belum resmi. Hingga akhirnya pemain berusia 38 tahun itu diresmikan menjadi bagian dari Persis pada Jumat (20/8/2021).

2 dari 3 halaman

Berkat Beto Goncalves

Satu hal yang menarik adalah beberapa alasan Yu Hyun Koo memilih Persis Solo sebagai pelabuhan baru dalam kariernya, terutama karena ia sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ternyata sosok Alberto Goncalves adalah yang turut memengaruhinya untuk bergabung bersama Persis.

"Sebelumnya saya sering berkomunikasi dengan Beto. Kami sangat dekat dengan tiga musim bermain di Sriwijaya FC, dan memahami kualitasnya. Jadi saya banyak bertanya dulu tentang Persis darinya," ujar Yu Hyun Koo.

"Kemudian Beto menjelaskan kepada saya bahwa tim ini bagus, serius, dan manajemen juga bagus. Beto bilang, 'kalau kamu bisa ke sini nanti bantu tim kami'. Kemudian saya jawab kalau Persis mau, saya akan sangat senang untuk bergabung," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Menambah Opsi Lini Tengah

Tenaga dan pengalaman Yu Hyun Koo juga akan menambah kuat lini tengah Persis Solo, terutama untuk posisi gelandang bertahan.

Laskar Sambenyawa diketahui memiliki deretan pemain tengah yang mumpuni, beberapa di antaranya seperti Sandi Sute, Delvin Rumbino, Fery Komul, hingga pemain andalan musim sebelumnya, Shulton Fajar.

Yu Hyun Koo bertekad untuk menjalani adaptasi yang cepat dengan Persis Solo. Hal ini memang sempat dikhawatirkan menjadi kendala mengingat cukup lama kompetisi sepak bola Indonesia vakum karena terdampak pandemi COVID-19.

"Banyak pemain bagus di sini dan semua satu suara, satu target ke Liga 1. Sementara baru kali ini akan bermain di Liga 2, jadi harus cepat beradaptasi seperti menaikkan kondisi fisik dan menyesuaikan tim serta taktik pelatih," jelas Yu Hyun Koo.

 

Video Populer

Foto Populer