Sukses


5 Pesepak Bola Indonesia di Luar Negeri dengan Follower Instagram Terbanyak

Bola.com, Jakarta - Belakangan ini jumlah pesepak bola Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk berkarier di luar negeri cukup banyak. Keberhasilan mereka berkarier di tanah orang bisa diikuti para penggemarnya dengan mudah lewat kemajuan teknologi media sosial, seperti Instagram.

Sejak sepak bola Indonesia kembali bergairah setelah sanksi FIFA dicabut pada 2016, cukup banyak pesepak bola Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk berkarier di luar negeri. Andik Vermansah dan Evan Dimas merupakan beberapa pemain yang sempat memilih untuk menjalani karier di luar Tanah Air.

Kemudian seiring dengan perjalanan waktu, PSSI mengalihkan fokus terhadap pembinaan sepak bola usia muda. Setiap klub profesional di Indonesia diminta menjalankan pembinaan sepak bola usia muda dengan sejumlah kompetisi yang menjadi wadah bagi karier mereka.

Proses tersebut membuahkan hasil dalam beberapa tahun terakhir. Keberhasilan Timnas Indonesia mencapai final Piala AFF 2016, yang disusul dengan fokus pembentukan Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, serta memberikan dukungan penuh terhadap Timnas Indonesia U-16 dan U-19, membuat banyak pemain berkualitas muncul dan menarik minat klub luar negeri.

Kini ada belasan pemain Indonesia yang mencoba peruntungan berkarier di luar negeri, mulai dari level Asia Tenggara, Asia, hingga Eropa. Keberhasilan mereka menembus batas standar pesepak bola Indonesia selama ini pun mendapatkan sambutan hangat dari penggemar yang kini bisa makin dekat dengan mereka lewat berbagai media sosial, terutama Instagram.

Berikut Bola.com merangkum lima besar pesepak bola Indonesia yang berkarier di luar negeri dan mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia lewat jumlah follower yang luar biasa di media sosial Instagram mereka.

2 dari 7 halaman

Egy Maulana Vikri (1,4 Juta Follower)

Egy Maulana Vikri adalah bintang muda sepak bola Indonesia yang bersinar sejak memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri pada 2017. Egy merupakan sosok yang membangkitkan semangat penggemar sepak bola Indonesia untuk memasang asa tinggi tentang kehadiran pesepak bola berkualitas yang mampu membawa Timnas Indonesia berprestasi.

Begitu bertalentanya Egy Maulana Vikri, Indra Sjafri menyarankannya untuk berkarier di luar negeri. Setelah mempertimbangkan begitu banyak tawaran yang masuk, Egy akhirnya bergabung bersama klub Polandia, Lechia Gdansk, pada 2018.

Namun, kini Egy Maulana Vikri tengah mencari klub baru karena Lechia Gdansk tidak memperpanjang kontraknya. Kendati demikian, Egy masih merupakan pemain yang menjadi primadona bagi pecinta sepak bola Indonesia. Jumlah follower di Instagram miliknya mencapai 1,4 juta pengikut.

3 dari 7 halaman

Ryuji Utomo (609 Ribu Follower)

Ryuji Utomo merupakan seorang stoper yang sudah memperlihatkan kualitasnya sejak usia muda. Bahkan pemain kelahiran Jakarta itu berani untuk menjajal kesempatan bermain di Bahrain ketika sepak bola Indonesia tengah dibekukan oleh FIFA pada 2015 lalu.

Setelah kembali ke Indonesia dan bermain bersama Arema FC serta Persija Jakarta, Ryuji Utomo sempat menjajal kesempatan bermain di Liga Thailand. Ia dipinjamkan ke PTT Rayong oleh Persija pada 2017 hingga 2018.

Setelah itu, Ryuji juga kembali dipinjamkan oleh Macan Kemayoran ke klub Malaysia, Penang FA pada 2020 ketika sepak bola Indonesia terhenti karena pandemi COVID-19 yang membuat kompetisi tak bisa dijalankan.

Sepak terjang Ryuji Utomo di dunia sepak bola, termasuk memberanikan diri untuk berkarier di Asia, membuat kualitasnya makin berkembang pesat.

Bahkan keputusannya bergabung bersama Persija langsung membuat jumlah follower di Instagram melonjak pesat dan semakin bertambah ketika mencoba berkarier di Thailand dan Malaysia. Kini Ryuji Utomo memiliki 609 follower di akun Instagram miliknya.

4 dari 7 halaman

Witan Sulaeman (529 Ribu Follower)

Kesuksesan Egy Maulana Vikri merintis karier ke Eropa turut membawa berkah bagi sahabat dan rekan setimnya di Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman. Pemain sayap yang kini baru berusia 19 tahun itu sudah mendapatkan kesempatan untuk merintis karier ke Eropa pada usia 18 tahun.

Witan Sulaeman mendapatkan kesempatan dari klub Serbia, Radnik Surdulica. Kesempatan bermain di Eropa itu pun dimanfaatkan oleh pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah, itu untuk bisa meningkatkan kualitas permainannya melebihi batas yang bisa diraih jika bermain di Indonesia.

Seperti halnya Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman merupakan calon bintang Timnas Indonesia pada masa yang akan datang. Kehebatan pemain yang dikenal paling muda di antara rekan-rekannya itu membuatnya memiliki begitu banyak penggemar di media sosial.

Kini Witan Sulaeman tercatat memiliki 529 ribu follower di Instagram.

5 dari 7 halaman

Bagus Kahfi (555 Ribu Follower)

Bagus Kahfi adalah pemain terkini yang mendapatkan kesempatan untuk merintis karier di Eropa. Pemain yang identik dengan rambut kribo itu kini bermain bersama klub Belanda, Utrecht.

Klub sepak bola ini pernah pesepak bola yang kemudian sukses di Indonesia, seperti Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Marc Klok.

Kepindahan Bagus Kahfi ke Utrecht sempat menjadi polemik lantaran Barito Putera yang sudah mengontraknya secara profesional enggan melepas sang pemain begitu saja. Apalagi Utrecht enggan mengeluarkan dana transfer untuk memboyong saudara kembar dari Bagas Kaffa itu.

Namun, setelah memakan waktu dan upaya, lewat bantuan PSSI, Bagus Kahfi akhirnya benar-benar mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke Belanda dan bergabung bersama FC Utrecht.

Perkembangannya di Belanda pun selalu dinantikan. Apalagi Bagus Kahfi juga terkenal cukup aktif di Instagram. Total followernya saat ini mencapai 555 ribu.

6 dari 7 halaman

Syahrian Abimanyu (466 Ribu Follower)

Ketika sepak bola Indonesia dalam kondisi vakum lantaran pandemi COVID-19 yang membuat izin penyelenggaraan kompetisi di Tanah Air tak bisa dikeluarkan, Syahrian Abimanyu menjadi satu dari beberapa pemain yang memutuskan untuk berkarier di luar negeri.

Sebuah tawaran menggiurkan datang untuk pemain yang karib disapa Abi itu. Tawaran datang dari klub raksasa nan kaya Malaysia, Johor Darul Ta'zim pada awal 2021.

Setelah diresmikan bergabung bersama JDT, Syahrian Abimanyu langsung dipinjamkan ke klub Australia, Newcastle Jets, selama setengah musim. Kini jebolan Levante junior itu kembali ke klubnya di Malaysia dan sudah mendapatkan kesempatan tampil bersama tim utama.

Syahrian Abimanyu tercatat memiliki jumlah pengikut di Instagram sebanyak 466 ribu follower.

7 dari 7 halaman

Daftar 10 Besar Pesepak Bola Indonesia di Luar Negeri dengan Pengikut Terbanyak di Instagram

  1. Egy Maulana Vikri = 1,4 juta follower
  2. Ryuji Utomo = 609 ribu follower
  3. Witan Sulaeman = 529 ribu follower
  4. Bagus Kahfi = 555 ribu follower
  5. Syahrian Abimanyu = 466 ribu follower
  6. Brylian Aldama = 429 ribu follower
  7. Saddil Ramdani = 421 ribu follower
  8. Asnawi Mangkualam = 274 ribu follower
  9. Yanto Basna = 246 ribu follower
  10. Elkan Baggott = 142 ribu follower

Video Populer

Foto Populer