Sukses


Mengenal FK Senica, Calon Pelabuhan Baru Egy Maulana Vikri di Eropa

Bola.com, Jakarta - Bintang muda sepak bola Indonesia, Egy Maulana Vikri, dikabarkan dalam waktu dekat bakal meneruskan kiprahnya di Eropa bersama klub baru. Setelah tidak lagi berseragam Lechia Gdansk, kini Egy dikabarkan merapat ke klub Slovakia, FK Senica.

Egy Maulana Vikri sempat diisukan kembali ke Indonesia setelah kontraknya bersama Lechia Gdansk tidak diperpanjang. Pada saat yang bersamaan sejumlah rumor juga mengatakan Egy akan tetap berkarier di Eropa.

Sempat diisukan bakal ke Liga Portugal, kini Egy dikabarkan bakal melangkah ke Slovakia. Mantan anak asuh Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19 itu dikabarkan bakal bergabung bersama FK Senica, sebuah tim di divisi teratas Liga Slovakia.

Namun, saat dikonfirmasi oleh Bola.com, agen dari Egy, Dusan Bogdanovic, masih belum merespons. Namun, dari pemberitaan yang beredar, FK Senica bakal meresmikan status Egy sebagai pemain baru pada Senin (30/8/2021).

Sebagai calon klub baru Egy Maulana Vikri, seperti apa FK Senica dan bagaimana kiprahnya di Slovakia? Berikut ulasannya:

2 dari 3 halaman

Klub Berusia 100 Tahun

FK Senica merupakan klub yang berkompetisi di divisi tertinggi Liga Slovakia atau yang disebut Fortuna Liga. Bicara musim lalu, klub ini finis di posisi ke-11 dalam klasemen akhir.

Klub ini tepat berusia 100 tahun saat ini. FK Senica didirikan pada 1921 dengan nama Zelezna Unia Senica. Klub ini tujuh kali berganti nama hingga menggunakan FK Senica sejak 2006 hingga saat ini.

Bahkan pada akhir musim lalu FK Senica hampir saja terdegradasi. Beruntung mereka berhasil memenangkan laga play-off yang sukses membuat mereka terhindar dari degradasi dan bertahan di kasta tertinggi sepak bola Slovakia itu.

Fortuna Liga musim ini sudah berlangsung. FK Senica saat ini berada di paruh bawah klasemen yang terdiri dari 12 klub. Klub ini tercatat belum pernah menjadi juara di Slovakia dan hanya dua kali finis sebagai runner-up.

Sayangnya, musim ini FK Senica tidak akan tampil di kompetisi Eropa. Bahkan sudah beberapa tahun terakhir tidak bisa melakukannya. Liga Europa 2013/2014 menjadi terakhir kali mereka tampil di kopetisi Eropa. Namun, ketika itu mereka hanya tampil di fase kualifikasi.

Namun, satu hal yang menarik, klub ini bisa menjadi batu loncatan yang membantu Egy Maulana Vikri memiliki karier yang lebih besar di kemudian hari bersama klub-klub yang lebih besar.

3 dari 3 halaman

Punya Afiliasi dengan Klub Lain, Keuntungan Egy Maulana Vikri

Meski musim lalu mengalami periode yang sulit dan hampir saja terdegradasi, FK Senica sebenarnya merupakan klub yang punya jaringan kuat dengan sejumlah klub di negara-negara kuat sepak bola.

FK Senica tercatat memiliki afiliasi dengan beberapa klub besar. Dua klub asal Brasil, Cruzeiro dan Arapongas menjadi dua di antaranya. Selain itu juga ada Besiktas di Turki.

Bukan tidak mungkin jika benar-benar bergabung bersama FK Senica, Egy Maulana Vikri akan memiliki kesempatan untuk bisa membela klub yang lebih besar di kemudian hari, baik yang terafiliasi langsung dengan klub Slovakia itu atau klub-klub Eropa lainnya.

Video Populer

Foto Populer