Sukses


PSSI Merestui, Shin Tae-yong Akhirnya Punya 3 Asisten Anyar di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI merestui tiga nama untuk menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Mereka bertugas membantu kinerja Shin Tae-yong, yaitu Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic.

Ketiga asisten pelatih anyar Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu menggantikan Kim Hae-won, Lee Jae-hong dan Kim Won-jae. Ketiga nama terakhir memilih mengundurkan diri mendampingi Shin Tae-yong di Timnas Garuda.

Persetujuan pergantian itu sudah sesuai dengan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada Senin (6/9/2021). Rapat tersebut dipimpin secara langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Melalui rapat Komite Eksekutif, PSSI menyetujui permintaan Shin Tae-yong terkait asisten pelatih. Mereka punya kualitas yang bagus dan berharap dapat membantu Shin Tae-yong dengan baik," kata Yunus Nusi.

Kehadiran Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic juga diharapkan bisa berguna untuk asisten pelatih asal Indonesia yang bergabung dengan tim Shin Tae-yong. Yunus Nusi berharap para asisten asal Indonesia bisa mendapatkan transfer ilmu.

"Kami ingin tiga asisten pelatih ini dapat memberikan transfer ilmu kepada asisten pelatih lokal dan pemain demi raihan prestasi Timnas Indonesia nantinya. PSSI akan bergerak cepat untuk mendatangkan tiga asisten pelatih ini ke Indonesia agar segera bisa melatih dan melakukan proses tanda tangan kontrak," tegas Yunus Nusi.

2 dari 3 halaman

Matangkan Persiapan

Kehadiran Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic bakal mematangkan tim pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Ketiganya akan bergabung dengan para pembantu Shin Tae-yong lainnya yakni Choi In-cheol, Nova Arianto, Alex Aldha, dan Sahari Gultom.

Mereka memiliki tugas berat yang tersisa sepanjang 2021 bersama Timnas Indonesia di segala umur. Timnas Indonesia senior akan tampil di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Chinese Taipei pada Oktober mendatang.

Selain itu, ada pula Piala AFF yang akan digelar pada Desember 2021-Januari 2022. Timnas Indonesia U-23 juga akan menjalani Kualifikasi Piala AFC 2022.

Selain itu, Shin Tae-yong juga sedang berusaha membentuk Timnas Indonesia U-18. Sejauh ini, sudah ada dua tahap seleksi yang digelar pada pemusatan latihan di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Target Tinggi

PSSI memberikan target tinggi pada Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia senior untuk menjuarai Piala AFF 2020.

Selain itu, PSSI juga meminta Shin Tae-yong untuk membantu Timnas U-23 lolos ke Piala AFC 2022. Hal itulah yang membuat tugas Shin Tae-yong tak akan mudah.

PSSI juga berencana melakukan evaluasi kinerja Shin Tae-yong dalam waktu dekat. Laga melawan China Taipei di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal menjadi panggung penghakiman buat Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer