Sukses


Bergulirnya Liga 2 2021 adalah Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Solo - Kompetisi Liga 2 2021 resmi dibuka yang ditandai dengan duel dua tim grup C antara Persis Solo melawan PSG Pati di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9/2021). Dalam laga ini Persis unggul dua gol tanpa balas lewat gol Alberto Goncalves dan Eky Taufik.

Hadir sebagai tamu undangan dalam pembukaan Liga 2 2021 antara lain menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainduin Amali, menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. Serta wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menggantikan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka yang berhalangan hadir.

Setelah laga antara Persis melawan PSG Pati berakhir, kedua menteri memberikan apresiasi atas kelancaran pelaksanaan Liga 2 2021. Terutama persaingan yang sehat antar tim peserta dan menghadirkan tontonan yang menarik untuk masyarakat di tengah pandemi COVID-19, layaknya BRI Liga 1.

"Pemerintah berharap Liga 2 tetap seru disaksikan. Kualitas yang sama dengan tontonan seperti sebelumnya. Masyarakat tetap tidak datang ke stadion, di rumah saja," terang Menpora, Zainudin Amali dalam konferensi pers.

"Apresiasi untuk PSSI, PT LIB, dan klub yang menunjukkan antusiasme. Juga Kementerian BUMN yang dukungannya luar biasa secara keseluruhan, khususnya sepak bola," tutur Zainudin Amali.

Pihaknya ikut menjelaskan pemilihan partai pembukaan Liga 2 di Kota Solo, yang sesuai pertimbangan. Yaitu karena Stadion Manahan dipersiapkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023.

"Pastinya akan datang 23 negara dan salah satunya di stadion ini," tegasnya.

 

2 dari 3 halaman

Sepak Bola Bangkit

Pernyataan serupa dilontarkan Menteri BUMN, Erick Thohir yang menyebut sepak bola Indonesia akan bangkit dengan bergulirnya kompetisi. Erick Thohir yang sebenarnya merupakan satu diantara pemilik saham di Persis, puas dengan digelarnya Liga 2.

"Melihat hari ini sepak bola kita bangkit lagi, Menpora ketum PSSI, kompak. Saya yakin sepak bolanya bangkit. Liga 1 dan Liga 2 seru untuk pondasi Timnas kita," jelas Erick Thohir.

Sementara Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule turut menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah yang berperan besar untuk bergulirnya kompetisi kasta kedua.

"Tentu kami tidak bisa menggulirkan kompetisi tanpa keterlibatan pemerintah. Permainan tadi luar biasa, fair play dan ini yang kami inginkan. Terima kasih juga untuk seluruh suporter dengan berkomitmen mendukung secara positif dari rumah saja," tandas Iwan Bule.

3 dari 3 halaman

Persis Solo Hajar PSG Pati

Persis Solo mengawali Liga 2 musim 2021 dengan start yang manis. Tim berjulukan Laskar Sambernyawa mampu mengatasi perlawanan PSG Pati 2-0 dalam laga pertama grup C di Stadion, Manahan, Solo, Minggu (26/9/2021).

Dua gol kemenangan Persis ditentukan oleh Alberto Goncalves di menit 18 dan Kapten Eky Taufik di menit 20. Persis yang tampil dengan komposisi pemain terbaiknya, mendominasi permainan sejak awal laga.

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep usai kemenangan timnya atas PSG menuturkan bahwa kunci keberhasilan memenangkan laga adalah kekompakan dan bukan karena iming-iming bonus. PSG Pati sebelumnya memberikan rangsangan bonus hingga miliaran rupiah jika mampu mengalahkan Persis.

"Hari ini menang karena kompak, semua pemain bermain dengan hati untuk tujuan Persis lolos ke Liga 1. Bukan karena uang," beber Kaesang saat dijumpai setelah pertandingan.

Video Populer

Foto Populer