Sukses


Rangkuman Lengkap 2 Laga Saat Timnas Indonesia Sikat Habis Chinese Taipei : Siapa Calon Lawan Berikutnya?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka unggul 3-0 atas Chinese Taipei dalam leg kedua play-off yang digelar di Stadion Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia unggul dengan skor agregat 5-1 mengingat sebelumnya memetik kemenangan 2-1 di leg pertama, Kamis (07/9/2021).

Bisa dibilang, dua laga kontra Chinese Taipei adalah pertandingan terbaik Timnas Indonesia era kepelatihan Shin Tae-yong. Tampak Skuad Garuda mulai memperlihatkan identitas, khususnya soal gaya bermain.

Pada dua pertandingan ini, Shin Tae-yong juga mencoba banyak pemain. Saat leg pertama, nama-nama seperti Miftah Anwar Sani, Ramai Rumakiek sampai Ricky Kambuaya sukses curi perhatian.

Di leg kedua giliran Dedik Setiawan, Ryuji Utomo dan Adam Alis yang dipercaya turun sebagai starter. Yang jadi catatan menarikk, total lima gol yang dicetak Timnas Indonesia lahir dari pemain berbeda.

Kelimanya adalah Ramai Rumakiek, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman. Catatan ini bak dua sisi mata uang.

Sisi positifnya berarti banyak pemain Timnas Indonesia yang punya kemampuan cetak gol. Namun sisi negatif, Skuad Garuda masih mencari-cari siapa sosok striker haus gol.

Nama-nama Kushedya Hari Yudo atau Dedik Setiawan memang tidak bermain buruk, tapi ukuran sukses atau tidaknya seorang striker dilihat dari keberhasilan mencetak gol.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya Bertemu Siapa?

Timnas Indonesia menyusul 22 tim lainnya yang telah lebih dulu melenggang ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 masih menunggu pemenang pada partai play-off lainnya antara Kamboja dengan Guam untuk melengkapi 24 peserta.

Di ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berada di pot empat bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja atau Guam.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dibagi ke enam grup dengan masing-masing grup berisikan empat tim.

Pembagian pot di ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal didasari oleh peringkat peserta pada ranking FIFA yang segera diperbarui pada 21 Oktober 2021.

Sesuai dengan ranking FIFA pada 16 September 2021, Timnas Indonesia untuk sementara berada di pot empat. Skuad Garuda bakal satu grup dengan negara yang berasal dari pot tiga, pot dua, dan pot satu.

Pot satu diisi oleh Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kirgistan, Palestina, dan India. Adapun, pot kedua dihuni oleh Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, dan Myanmar.

Sementara Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, dan Singapura berada di pot ketiga.

Risiko paling buruk, Skuad Garuda dapat tergabung di grup berat bersama Uzbekistan, Thailand, dan Malaysia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal dimainkan pada 1 Februari-27 September 2022 dengan format kandang dan tandang.

Enam juara grup dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China.

3 dari 3 halaman

Rekap 2 Leg

  • Rangkuman Leg Pertama

Indonesia 2-1 Chinese Taipei

Gol: 1-0 (16, Ramai Rumakiek), 2-0 (51, Evan Dimas), 2-1 (91, Heng-pin Hsu)

  • Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam Bahar, Victor Igbonefo, Fachrudin Aryanto, Miftah Sani; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas; Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Kushedya Hari Yudo.
  • Pelatih: Shin Tae-yong
  • Timnas Chinese Taipei (5-2-3): Shih Shih-an; Hsieh Peng-long, Chen Ting-yang, Liang Meng-hsin, Cheng Hao, Lin Cheng-yi; Emilio Estevez, Wu Yen Shu; Li Mao, Wu Chun-Ching, Lee Hsiang-Wei.
  • Pelatih: Yeh Hsien-Chung

 

  • Rangkuman Leg Kedua

Chinese Taipei 0-3 Indonesia

Gol: 0-1 (26, Egy Maulana Vikri), 0-2 (54, Ricky Kambuaya), 0-3 (92, Witan Sulaeman)

  • Chinese Taipei (4-1-3-2): Shih Shin-An (kiper); Cheng Hao, Liang Meng-Hsin, Chen Ting-Yang, Hsien Peng-Long (belakang); Lin Cheng-Yi; Emilio Estevez, Lin Ming-Wei, Wu Yen-Shu (tengah); Wu Chun-Ching, Li Mao (depan).
  • Pelatih: Yeh Hsien-Chung.
  • Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Victor Igbonefo, Pratama Arhan (belakang); Evan Dimas, Rachmat Irianto; Egy Maulana Vikri, Adam Alis, Ricky Kambuaya (tengah); Dedik Setiawan (depan).
  • Pelatih: Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer