Sukses


Duel Antarlini Persib Vs Persipura di BRI Liga 1: Maung Bandung Unggul Segala-galanya

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung sedang berada di atas angin setelah menempati puncak klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Dalam sembilan laga yang sudah dilalui, tim asuhan Robert Alberts meraih lima kemenangan dan empat imbang.

Motivasi tinggi tentu menyelimuti Persib Bandung untuk menghadapi Persipura Jayapura yang kini kondisinya terseok-seok setelah ditinggalkan striker andalannya Boaz Solossa.

Tim asuhan Jacksen F Tiago tersebut berada di posisi ke-17 klasemen BRI Liga 1 dengan raihan poin 5. Setelah melewati sembilan pertandingan, mereka hanya menang satu kali, seri dua kali, dan enam kali mengalami kekalahan.

Tentunya Persib Bandung lebih unggul segala-galanya dibandingkan Persipura yang akan bertemu pada pekan ke-10 seri kedua BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (30/10/2021) malam di Stadion Manahan, Solo.

Menjelang pertandingan pekan ke-10 nanti, Bola.com menganalisis duel antar lini antara Persib Bandung dan Persipura Jayapura di kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Posisi kiper di Maung Bandung dipastikan masih dipercayakan kepada Teja Paku Alam. Kiper berusia 27 tahun itu tampil cukup memukau di BRI Liga 1.

Meski baru tampil lima kali lantaran sempat cedera patah hidung, lambat laun Teja mampu menunjukkan kualitasnya sebagai kiper yang bisa diandalkan.

Dalam lima kali pertandingan, kiper bernomor punggung 14 di Persib itu baru tiga kali kebobolan, yakni saat lawan PSS Sleman (2 gol) dan PSM Makassar (1 gol).

Sementara itu, kiper Persipura Jayapura Fitrul Rustapa kemungkinan masih diberi kepercayaan oleh Jacksen F. Tiago untuk mengawal gawang tim berjulukan Mutiara Hitam.

Walaupun dalam delapan pertandingan yang sudah dilalui, kiper berusia 26 tahun ini sudah kebobolan sebanyak 13 gol.

 

3 dari 6 halaman

Belakang

Lini bertahan Persib Bandung masih bersandar pada sosok Nick Kuipers untuk mematahkan serangan yang dibangun Persipura.

Pemain bertahan dengan tinggi 1,93 meter itu selalu menjadi andalan Robert Alberts di BRI Liga 1 2021/2022. Ia cukup kuat sebagai pemain bertahan, apalagi didampingi tandemnnya, Victor Igbonefo.

Dalam sembilan kali pertandingan, pemain asal Belanda ini tidak main satu kali saat menghadapi PSM Makassar lantaran akumulasi kartu kuning. Ia pernah memberi assist berujung gol yang dilesakkan Febri Hariyadi saat lawan PSIS Semarang

Sementara, lini bertahan Persipura Jayapura ada Henrique Motta. Dengan tinggi 1,88 meter, pemain asal Brasil itu kemungkinan akan tetap diandalkan Jacksen F. Tiago saat lawan Persib.

Bek berusia 30 tahun itu baru dimainkan enam pertandingan karena sebelumnya mengalami cedera pangkal paha, namun dalam empat pertandingan terakhir Motta kerap dipercaya menjadi starter.

Perannya di lini bertahan kemungkinan masih akan dibantu Donny Monim, Ricardo Salampessy, dan Davied Rumakiek seperti saat lawan Barito Putera.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Di lini tengah Persib Bandung harus kehilangan satu pemain andalannya, Marc Klok, lantaran akumulasi kartu kuning. Namun, Persib tidak terlalu khawatir karena masih ada Mohammed Rashid.

Gelandang asal Palestina itu kerap menjadi andalan Maung Bandung. Perannya di lini tengah mumpuni. Rashid telah menyumbang empat gol, masing-masing saat lawan Persita Tangerang (2 gol) dan lawan PSS Sleman (2 gol).

Tak heran pertemuan dengan Persipura nanti, Rashid tetap akan diandalkan. Perannya di lini tengah akan dibantu gelandang senior di Persib, Dedi Kusnandar. Duet Rashid-Dedi sudah terbukti pada beberapa pertandingan.

Sementara lini tengah Persipura kemungkinan masih dipercayakan kepada Ian Kabes. Pemain berusia 35 tahun itu menjadi andalan Jacksen di lini tengah.

Dalam sembilan pertandingan, Ian Kabes yang juga kapten tim ini kerap menjadi starter dan baru dicadangkan saat lawan Persela Lamongan.

Ian kabes pemain yang cukup senior di tim berjulukan Mutiara Hitam itu. Dalam sembilan pertandingan, ia baru mendapat satu kartu kuning.

Selain Ian Kabes, Persipura juga masih ada Takuya Matsunaga dan pemain muda Persipura Todd Ferre yang siap membantu serangan.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Persib Bandung tetap akan mengandalkan Wander Luiz di lini depan saat bersua Persipura nanti. Striker asal Brasil ini kerap diandalkan pelatih Robert Alberts meski dalam sembilan laga yang sudah dilalui di BRI Liga 1 2021/2022, ia baru menyumbang dua gol.

Luiz mulai tumbuh kepercayaan dirinya saat lawan PSS setelah mandul dalam tujuh kali pertandingan. Meski Luiz baru menyumbang dua gol, Persib tetap akan mempercayai pemain bernomor punggung 9 itu di sektor depan.

Ia akan dibantu Ezra Walian yang baru menyumbang 1 gol serta dua pemain sayap yang cukup mumpuni seperti Febri Hariyadi dan Esteban Vizcarra

Sementara Persipura kemungkinan masih akan memberi kepercayaan kepada Yevhen Bokhashvili untuk menghadapi Persib, walaupun selama dimainkan, striker asal Ukraina itu belum juga mencetak gol.

Dalam lima pertandingan, eks striker PSS Sleman ini masih kesulitan mencetak gol. Yevhen akan dibantu dua pemain sayap yang memiliki kecepatan seperti Ricky Kayame dan Yohanes Pahabol.

6 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi Persib dan Persipura

Video Populer

Foto Populer