Sukses


5 Pemain Belia yang Cepat Naik Kelas ke Timnas Indonesia Senior: Usia Muda Sudah Jadi Andalan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia punya sejarah panjang dengan penggunaan pemain muda. Sudah lama, skuad Merah Putih sering memakai pemain muda untuk Timnas senior.

Tradisi itu dilanjutkan pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong. Bahkan, pada Piala AFF 2020 lalu Timnas Indonesia dihuni banyak pemain muda yang berusia mayoritas di bawah 25 tahun.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong mengacu pada performa para pemain di lapangan. Meskipun masih muda, pada kenyataannya mereka mampu memberikan penampilan gemilang.

Timnas Indonesia pun sukses melanju sampai final. Sayangnya, minimnya pengalaman bermain di partai final memengaruhi mental pemain muda Timnas Indonesia.

Impian untuk meraih gelar Piala AFF 2022 pun harus tertunda. Timnas Indonesia yang dipimpin Asnawi Mangkualam harus menelan kekalahan 2-6 secara agregat dari Thailand.

Bola.com mencatat, ada lima pemain muda yang cepat naik kelas ke Timnas Indonesia senior. Promosi didapat berkat penampilan apiknya di level timnas kelompok umur. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa pernah mencetak sejarah dengan melakoni debut pada usia muda di Timnas Indonesia. Ketika itu, Boaz pertama kali membela Timnas Indonesia pada usia 18 tahun 14 hari.

Boaz Solossa dipercaya membela Timnas Indonesia senior oleh pelatih Peter Withe. Ketika itu, Timnas Indonesia berhadapan melawan Turkmenistan pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2006 yang digelar pada 2004.

Sejak saat itu, Boaz selalu menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia. Pemain yang akrab disapa Bochi itu aktif membela Timnas Indonesia sampai 2018 dengan koleksi 50 penampilan dan mencetak 14 gol.

3 dari 6 halaman

Evan Dimas

Evan Dimas melakoni debut untuk Timnas Indonesia pada usia 19 tahun 8 bulan dan 15 hari. Penampilan apiknya di level Timnas Indonesia U-19 membuat pelatih Alfred Riedl memberikannya kesempatan promosi.

Sejak saat itu, Evan Dimas selalu menjadi andalan skuad Merah Putih. Evan Dimas merupakan pemain yang andal menjadi motor serangan sekaligus penyeimbang di lini tengah.

Evan Dimas sejauh ini sudah mengemas 42 penampilan untuk Timnas Indonesia. Evan juga sukses menyumbang sembilan gol dan masih dipercaya membela Timnas Merah Putih.

4 dari 6 halaman

Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani sempat digadang-gadang sebagai pemain muda masa depan Timnas Indonesia. Ketika itu, Okto memulai debut di Timnas Indonesia pada 2010 saat berusia 20 tahun.

Sayang, kariernya di Timnas Indonesia tak berlangsung lama. Oktovianus Maniani tercatat hanya membela Timnas Indonesia selama tiga tahun atau sampai 2013.

Secara keseluruhan, Oktovianus Maniani telah tampil sebanyak 25 kali dan mencetak tiga gol. Oktovianus Maniani diketahui juga sudah tidak bermain sepak bola lagi pada usia 30 tahun.

5 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan menjadi pemain muda kedua yang mencetak sejarah melakukan debut di Timnas Indonesia. Marselino Ferdinan melakukan debut pada 27 Januari 2022 pada laga FIFA Matchday.

Marselino tampil perdana kali untuk Timnas Indonesia pada usia 17 tahun 4 bulan 8 hari. Meskipun masih muda, Marselino tak segan dalam menunjukkan kemampuannya di lapangan.

Marselino Ferdinan sejauh ini sudah tampil dua kali untuk Timnas Indonesia senior. Pelatih Shin Tae-yong diyakini puas dengan penampilan pemain Persebaya Surabaya itu.

6 dari 6 halaman

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menjadi pemain muda yang dipromosikan pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia senior. Ronaldo Kwateh menjalani debut pada 27 Januari 2022 dengan usia 17 tahun 3 bulan 8 hari.

Catatan usia itu menjadikan Ronaldo Kwateh sebagai pemain Timnas Indonesia paling muda yang pernah debut di tim senior. Ronaldo Kwateh sejauh ini sudah tampil sebanyak dua pertandingan untuk Timnas Indonesia.

Penampilan apik Ronaldo Kwateh di lapangan bakal membuatnya sering dipercaya membela Timnas Indonesia. Apalagi sepanjang 2022 banyak agenda yang akan diikuti oleh skuad Merah Putih.

Video Populer

Foto Populer