Sukses


Pasang Surut Prestasi Timnas Indonesia Kelompok Umur di Pergaulan ASEAN

Bola.com, Jakarta - Di level senior, Timnas Indonesia kering gelar turnamen bergengsi. Namun di kelompok usia, bendera merah putih justru kerap berkibar di pergaulan Asia Tenggara (ASEAN).

Kapan terakhir kali Timnas Indonesia level senior meraih gelar juara? Jawabannya 22 tahun lalu. Setelah meraih medali emas SEA Games 1991, tim berjuluk Skuad Garuda itu tidak pernah lagi berdiri di podium utama.

Sebaliknya di kelompok usia, Timnas Indonesia rutin berprestasi. Timnas U-19 polesan Indra Sjafri berhasil mempersembahkan gelar Piala AFF U-19 2013.

Skuad timnas U-19 di Piala AFF U-19 2013 kala itu digadang-gadang sebagai wajah masa depan Timnas Indonesia. Namun, belum juga merekah, sejumlah pemain justru tidak mampu mencapai talenta maksimalnya.

Lima tahun berselang, Timnas Indonesia kelompok usia kembali bikin bangga. Timnas U-16 sukses merengkuh trofi Piala AFF U-16 2018.

Mirip seperti armada Indra Sjafri, pasukan Fakhri Husaini kala itu dihuni oleh para pemain muda menjanjikan. Sejumlah nama seperti Bagus Kahfi, Brylian Aldama, hingga David Maulana sekarang berkancah di Eropa.

Setahun berselang, Timnas Indonesia kelompok usia kembali berprestasi di persaingan Asia Tenggara (ASEAN). Saat itu, timnas U-22 mampu menjuarai Piala AFF U-22 2019.

Indra Sjafri kembali menorehkan tinta emasnya sebagai pelatih. Arsitek asal Sumatera Barat itu menjadi juru taktik Timnas Indonesia U-22 ketika menjadi kampiun Piala AFF U-22 2019.

2 dari 3 halaman

Target Juara Tetap Diusung di Kelompok Umur

Timnas Indonesia U-22 dengan nama timnas U-23 akan kembali berkancah di Piala AFF U-22 yang juga berganti nama menjadi Piala AFF U-23 pada Februari 2022.

Pasukan Shin Tae-yong itu ditargetkan untuk mempertahankan gelar juara. "Kami berharap dengan persiapan yang baik, Timnas Indonesia U-23 dapat meraih juara Piala AFF U-23," ujar Ketua PSSI, Mochamad Iriawan masih disadur dari laman PSSI.

"Dengan materi pemain yang dipanggil ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Skuad Garuda sempat berpeluang menjadi yang terbaik di Piala AFF 2020. Namun untuk keenam kalinya, Ricky Kambuaya dkk. hanya keluar sebagai runner-up.

Fenomena jago di Timnas Indonesia kelompok usia namun menurun di timnas level senior menjadi pertanyaan. Sejumlah dugaan menyeruak. Para pemain dianggap telah berpuas diri ketika di usia muda. Selain itu, faktor bermain di kompetisi lokal dan tidak berani berkancah di luar negeri juga menjadi terkaan.

3 dari 3 halaman

Prestasi Timnas Indonesia Kelompok Usia dalam 10 Tahun Terakhir

Piala AFF U-19 2013: Timnas Indonesia U-19

Piala AFF U-16 2018: Timnas Indonesia U-16

Piala AFF U-22 2019: Timnas Indonesia U-22

Video Populer

Foto Populer