Sukses


Gantikan Mees Hilgers dan Kevin Diks, Shin Tae-yong Minta PSSI Menaturalisasi Gelandang AZ Alkmaar untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI membatalkan proses naturalisasi Mees Hilgers dan Kevin Diks. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta pemain AZ Alkmaar sebagai penggantinya.

PSSI baru saja menggelar rapat dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Shin Tae-yong untuk membahas naturalisasi empat pemain keturunan di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (10/2/2022).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengatakan bahwa pembatalan naturalisasi Mees Hilgers dan Kevin Diks untuk Timnas Indonesia lantaran terbentur restu orang tua keduanya.

Orang tua Mees Hilgers dan Kevin Diks disebutkan mengira bahwa anaknya dapat mempunyai paspor ganda jika menjadi WNI, sementara Indonesia hanya mengenal kewarganegaraan tunggal.

Hasani masih merahasiakan identitas pemain AZ Alkmar yang direkomendasikan oleh Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia lantaran mau mendalami garis keturunan pemain itu lebih dulu.

"Shin Tae-yong meminta satu pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Namanya masih dirahasiakan karena saya masih mencoba mencari tahu dulu dan sedang saya dalami," kata Hasani ketika dihubungi Bola.com, Kamis (10/2/2022) sore WIB.

"Posisinya gelandang serang. Namanya terbilang baru. Bukan yang selama ini beredar. Dia keturunan Maluku. Pemain AZ Alkmaar," jelas pria yang juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Mahaka Sports and Entertainment itu.

2 dari 4 halaman

Pemain Itu Tijjani Reijnders?

Ada satu pemain AZ Alkmaar yang mirip dengan paparan kriteria Hasani. Dia adalah Tijjani Reijnders, gelandang kelahiran Zwolle, Belanda berusia 23 tahun.

Namun, Transfermarkt menuliskan posisi Tijjani Reijnders sebagai gelandang sentral, bukan gelandang serang.

Masih dalam data Transfermarkt, Tijjani Reijnders juga digambarkan dapat bermain sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang.

3 dari 4 halaman

Keturunan Maluku

Tijjani Reijnders dikabarkan punya darah Indonesia dari ibunya yang disebut keturunan Ambon, Maluku.

Di musim ini, Tijjani Reijnders telah 20 kali bermain untuk AZ Alkmaar di Eredivisie, namun hanya lima kali sebagai starter. Dari jumlah itu, pemain berpostur 185 cm ini menorehkan dua gol dan dua assists.

Tijjani Reijnders punya adik bernama Eliano Reijnders yang juga berkancah di Eredivisie. Berperan sebagai winger kanan, pemain berusia 20 tahun itu bermain untuk PEC Zwolle.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer