Sukses


Kisah Parlin Siagian: Legenda Klub Galatama Kramayudha, Melatih SSB Kramayudha Reborn Nganjuk

Bola.com, Kediri - Bagi pencinta dan paham sejarah sepak bola Indonesia pasti tahu klub era Galatama, Kramayudha Tiga Berlian (KTB).

Klub yang didirikan almarhum Sjarnoebi Said ini pernah jadi raksasa Galatama dengan dua kali menjuarai kompetisi Galatama dan Piala Liga sebanyak tiga kali. Di level Asia, KTB sempat menghuni peringkat ketiga Piala Antarklub Asia 1986.

Nama besar KTB inilah yang menginspirasi penggiat sepak bola usia muda di Nganjuk, Saiful. Dia mendirikan SSB Kramayudha Reborn.

Kebetulan pula, SSB yang berlokasi di Kecamatan Pace, Nganjuk, ini meminta salah satu legenda KTB Parlin Siagian sebagai pelatih.

"SSB ini dibentuk pada tahun 2000-an. Saya sengaja memberi nama Kramayudha Reborn untuk mengingat kebesaran klub Galatama KTB. Kebetulan saya mengidolakan klub KTB. Tapi antara SSB ini dan KTB tak ada hubungan kerja sama," kata Saiful.

2 dari 3 halaman

Amalkan Ilmu

Parlin Siagian, mantan gelandang KTB, baru bergabung dua tahun terakhir. Pertimbangan Parlin karena dia ingin mengamalkan ilmunya kepada anak-anak usia dini di Nganjuk.

"Benar. Tak ada hubungan KTB dengan SSB ini. Saya makin semangat, selain bisa mengingatkan nama besar KTB juga mengajarkan kepada anak-anak bagaimana main bola yang benar," tutur Parlin Siagian.

Keberadaan Parlin Siagian memberi dampak positif bagi SSB Kramayudha Reborn. Selain ilmu main bola anak-anak berkembang, koneksi Parlin Siagian yang luas memberi kesempatan SSB ini melakukan uji coba dengan SSB luar kota Nganjuk.

"Jika anak-anak ingin kemampuan teruji harus uji coba ke luar daerah sehingga mereka bisa mengukur kemampuannya dengan pemain kota lain," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer