Sukses


Ketua PSSI Berharap Piala Pertiwi 2022 Lahirkan Pemain untuk Timnas Indonesia Wanita

Bola.com, Bandung - Kompetisi sepak bola putri antar provinsi, Piala Pertiwi 2022, resmi digelar mulai Jumat (18/3/2022) hingga 28 Maret 2022 di Kota Bandung.

Sebanyak 18 tim akan bersaing di tiga venue yakni Stadion Persib (Sidolig), lapangan Progresif, dan lapangan Sabilulungan kawasan Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Ketua PSSI, Mochammad Iriawan, bersyukur akhirnya sepak bola putri tingkat nasional kembali bisa digelar setelah vakum cukup lama akibat pandemi COVID-19.

Bahkan, tahun ini kata Iriawan jumlah peserta bertambah delapan tim. Sebelumnya pada 2019 hanya diikuti 10 tim.

"Tahun ini ada peningkatan delapan klub dari 2019. Bersyukur atas prakarsa ketua ASBWI dan kerjasama semua Piala Pertiwi bisa diselenggarakan," ujar Iriawan di Hotel Verona Palace, Bandung, Kamis (17/3/2022) malam.

"Mudah mudahan di Piala Pertiwi ini bisa melihat pemain wanita yang baik dan bagus untuk dibawa ke tim nasional," tambah Iriawan.

 

2 dari 3 halaman

Bangkitkan Sepak Bola Wanita Indonesia

Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut berharap gelaran Piala Pertiwi 2022 berlangsung lancar tanpa kendala, dan tentunya bisa melahirkan talenta-talenta untuk Timnas Indonesia Wanita.

Diakui Iwan, ranking sepak bola wanita Indonesia di Asia saat ini berada di posisi ke-84. Maka itu, ia berharap Piala Pertiwi 2022 bisa jadi awal kebangkitan sepak bola putri Indonesia.

"InsyaAllah secara bertahap rangkingnya naik karena cukup lama pembinaan sepak bola wanita tidak ada. Beda sama laki-laki yang terus bergulir," tegas Iwan.

"Saya juga minta semua klub yang ada di Liga 1 punya sepak bola wanita dan meminta pak Sekjen untuk menggelar liga sepak bola wanita. Semoga tahun depan bergulir," harap Iwan lagi.

 

3 dari 3 halaman

Bakal Ada Liga 1 hingga Liga 3

Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI), Nadalsyah menambahkan Piala Pertiwi 2022 ini merupakan program awal ASBWI yang sudah disahkan dalam kongres.

"Perlu diketahui ASBWI adalah salah satu bawahan dari PSSI. Ke depan ASBWI akan menyelipkan turnamen-turnamen seperti arahan PSSI, karena di sepak bola ini tidak ada yang instan, perlu ada persiapan matang seperti Piala Pertiwi ini," ujar Nadalsyah.

Saat ini lanjut Nadalsyah, ASBWI nantinya akan ada program Liga 1 wanita sampai Liga 3, mulai U-10, U-16, dan U-18.

"Tahun 2023 pun sepak bola wanita ada Piala AFF yang akan dilaksankan dimana Indonesia sebagai tuan rumah. Jadi ini persiapan matang sesuai arahan Ketum PSSI," kata Nadalsyah.

Video Populer

Foto Populer