Sukses


Memperluas Pengembangan Sepak Bola Usia Muda, ASIOP Jalin Kerja Sama dengan Akademi dari Amerika Serikat

Bola.com, Sentul - Akademi sepak bola ASIOP menjalin kerja sama dengan Brooklyn United untuk kemitraan strategis internasional untuk pengembangan sepak bola usia muda. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan kerja sama dilakukan di ASIOP Training Ground di Royal Sentul Park, Kabupaten Bogor, Minggu (27/3/2022).

Kerja sama ini dilakukan oleh ASIOP dan Brooklyn United sama-sama memiliki visi dan semangat yang sama, terutama ASIOP berambisi jadi klub dan akademi terbaik di kawasan Asia Tenggara.

ASIOP mengembangkan siswanya melalui pelatihan intensif dan ketat menggunakan kurikulum ASIOP Way atau metode pelatihan Filanesia yang dikembangkan.

Sebagai buktinya, ASIOP telah berkontribusi bagi federasi dengan begitu banyak pemain jebolan akademi sepak bola ini untuk memperkuat tim nasional Indonesia kategori usia.

Kerja sama dengan Brooklyn United ini pun sudah dijajaki sejak 2021, di mana Chairman ASIOP, Ade Wellington, melakukan kunjungan ke pusat latihan Brooklyn United yang merupakan kawasan pelatihan indoor di New York.

Kerja sama pun berlanjut setelah ASIOP mendapatkan kunjungan balasan dari Direktur Kepelatihan Brooklyn United, Eduardo Perez, yang merupakan mantan asisten pelatih Timnas Indonesia pada 2017 lalu.

 

2 dari 3 halaman

Bertukar Pemain dan Tenaga Pelatih

Dari pembicaraan lisan, akhirnya tercetus kerja sama di antara ASIOP dan Brooklyn United. Kerja sama tersebut meliputi banyak hal, seperti sharing ilmu metodologi kepelatihan untuk melengkapi yang selama ini sudah dijalankan dengan metodologi ASIOP Way.

"Dari pembicaraan yang terus berkembang dan hari ini ada kunjungan balik dari Brooklyn United ke ASIOP. Kami memformulasikan kerja sama itu dalam bentuk MoU. Kami mau bekerja sama jangka panjang. Detailnya akan kami bicarakan lebih lanjut," ujar Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif.

Sebagai langkah lanjutan Brooklyn United dan ASIOP juga bakal saling bertukar pemain dan pelatih untuk membantu pemain dan pelatih ASIOP agar bisa lebih berkembang.

ASIOP dan Brooklyn United juga akan saling mengirim tim akademi ke setiap turnamen yang diselenggarakan di New York maupun turnamen internasional yg diselenggarakan ASIOP.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama Jangka Panjang

ASIOP dan Brooklyn United juga berencana untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola sebuah akademi seluruh kategori usia serta bagaimana mengelola sponsorship komersial.

"Kerja sama ini sangat penting bagi klub dalam menjaga hubungan jangka panjang dengan sponsor yang memberikan dukungan keuangan yang berkelanjutan untuk pengembangan ASIOP," kata Ade Prima Syarif. 

Kerja sama ini menjadi hal yang membanggakan bagi ASIOP karena Amerika Serikat yang kini memiliki kompetisi profesional seperti Major League Soccer, merupakan satu di antara negara terbaik dalam perkembangan sepak bola. Amerika Serikat pernah menghuni peringkat empat dunia, dan sekarang berada di ranking 13 FIFA.

Video Populer

Foto Populer