Sukses


Si Anak Hilang Pulang, Rendi Irwan Resmi Gabung Deltras Tepat pada Hari Ultah

Bola.com, Sidoarjo - Deltras FC secara resmi mengumumkan pemain rekrutan baru untuk Liga 2 musim depan. Klub asal Sidoarjo itu mengumumkan gelandang putra daerah, yakni Rendi Irwan Saputra.

Kabar ini sebenarnya sudah muncul sejak Rendi memutuskan hengkang dari Persebaya, klub yang dibelanya sejak 2017. Namun, dia masih menutup rapat meski sudah pasti kembali ke klub kota kelahirannya.

Suatu kebetulan, Rendi sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-35 pada hari ini, 26 April 2022. Perkenalan ini seolah menjadi perayaan buat gelandang asal Kecamatan Sukodono tersebut.

Perkenalan Rendi Irwan sendiri diumumkan oleh manajemen Deltras lewat sebuah video unggahan di akun instagram. Video itu menampilkan pergantian Rendi yang memakai jaket hijau Persebaya menjadi kaos merah Deltras.

“Di Sidoarjo, saya lahir. Di Sidoarjo, saya tumbuh. Tapi, perjalanan waktu membawa saya pergi ke banyak kota, membela beberapa klub di Indonesia,” ungkap Rendi dalam video tersebut, Selasa (26/4/2022).

“Mulai Persekam Kabupaten Malang, Gresik United, Mitra Kukar, Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persebaya Surabaya,” imbuh pemain jebolan kompetisi internal Persebaya tersebut.

“Kini saya kembali pulang ke rumah, ke Sidoarjo, ke Gelora Delta, membela kesebelasan kebanggaan masyarakat Sidoarjo, Deltras FC Sidoarjo. Saya ingin mengukir prestasi di kota kelahiran saya bersama Deltras Sidoarjo,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Awal Karier

Rendi Irwan - Gelandang gaek ini sukses menjadi motor permainan dan penyemangat anak muda Bajul Ijo di Piala Menpora 2021. Pemain berusia 33 tahun itu pernah menimba ilmu di Mitra Surabaya.

Rendi Irwan mengawali karier dengan jadi bagian dari Tim PON Jawa Timur yang meraih medali emas PON 2008. Dia lantas sempat berkarier bersama Persekam Malang, Gresik United, Deltras Sidoarjo, dan Mitra Kukar.

Artinya, Deltras bukan lagi klub yang asing buatnya. Selain merupakan putra daerah Sidoarjo, dia juga pernah membela The Lobster pada 2009-2010.

Setelah itu, pada 2011, dia memilih kembali ke Persebaya 1927, yang saat itu terlibat dualisme dan berkompetisi di IPL 2011. Dua tahun di Bajul, Rendi memilih hengkang dan bergabung Persik Kediri pada 2013.

Dia sempat membela Persija Jakarta dan kembali ke Kediri sebelum akhirnya pulang ke Persebaya lagi pada 2017. Saat itu, dia ditunjuk sebagai kapten yang ikut menjuarai Liga 2 2017 arahan pelatih Angel Alfredo Vera.

3 dari 3 halaman

Target Promosi

Pemain Persebaya sekaligus kapten di Liga 1 2018, Rendi Irwan. (Bola.com/Aditya Wany)

Jabatan kapten masih diembannya pada musim 2018, tapi kemudian berpindah ke Ruben Sanadi pada musim 2019. Penyebabnya, Rendi sudah mulai tidak tampil secara reguler bersama Persebaya.

Menit bermainnya semakin berkurang pada BRI Liga 1 2021/2022. Musim lalu, dia hanya membukukan 275 menit bermain, rinciannya tampil dalam 12 laga dan membukukan satu assist saja.

Padahal, Rendi Irwan dikenal sebagai pemain yang sangat dekat dengan pelatih kepala Aji Santoso. Profesionalitas mereka tetap ditunjukkan di Persebaya tanpa memandang hubungan personal.

Deltras membutuhkan jasa Rendi setelah berhasil promosi ke Liga 2 musim depan. Kelincahannya dalam membawa bola menjadi nilai lebih untuk diandalkan di lini tengah.

Video Populer

Foto Populer