Sukses


Melihat Kembali Start Timnas Indonesia U-23 di 5 SEA Games Terakhir: Tak Selalu Mulus

Bola.com, Jakarta - Start kurang mulus dialami Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. Dalam laga pembuka yang berlangsung pada Jumat (6/5/2022) malam WIB, tim Garuda Muda keok 0-3 dari tuan rumah Timnas Vietnam U-23.

Vietnam tampil begitu dominan dalam laga itu. Terutama di babak kedua, di mana semua gol mereka memang terjadi di babak kedua.

Tiga gol Vietnam di laga ini dicetak oleh tiga pemain yang berbeda. Nguyen Tien Linh membuka skor pada menit ke-55.

Dua gol tambahan tim asuhan Park Hang-seo terjadi di menit ke-74 dan 88. Adalah Do Hung Dung dan Le Van Do yang turut serta masuk papan skor.

Start kurang mulus tak hanya kali ini saja dialami Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games. Pada 2015, kekalahan juga sempat melanda Garuda Muda di laga pembuka.

Bola.com punya data laga pertama yang dijalani Timnas Indonesia U-23 dalam lima edisi SEA Games terakhir dan bagaimana hasil akhir mereka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

SEA Games 2011

 

SEA Games 2011 berlangsung di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang. Timnas Indonesia U-23 saat itu mengawali langkah mereka di SEA Games dengan mulus.

Menghadapi Kamboja di laga pembuka, Andik Vermansyah dan kolega menang telak 6-0. Indonesia yang ada di Grup A lolos ke semifinal sebagai runner-up.

Pada babak semifinal tim asuhan Rahmad Darmawan menang 2-0 atas Vietnam. Sayangnya di babak final, Malaysia berhasil membendung laju Indonesia.

Garuda Muda saat itu kalah dari Malaysia dengan skor 4-3 lewat babak adu tendangan penalti.

 

3 dari 6 halaman

SEA Games 2013

Dalam laga pembuka SEA Games 2013 Myanmar, Timnas Indonesia U-23 kembali berhadapan dengan Kamboja. Namun, kali ini mereka tidak bisa menang telak seperti edisi dua tahun sebelumnya.

Tim asuhan Rahmad Darmawan hanya bisa menang 1-0. Gol tunggal dicetak oleh penyerang asal Jawa Barat, Yandi Sofyan.

Manahati Lestaluhu dan kawan-kawan saat itu menampilkan sepak bola yang efektif. Mereka berhasil menembus babak final.

Sayangnya, medali emas lagi-lagi gagal dibawa pulang. Mereka kalah 0-1 dari Thailand U-23 di babak final.

 

4 dari 6 halaman

SEA Games 2015

Pada edisi SEA Games yang berlangsung di Singapura ini, Aji Santoso mendapatkan tanggung jawab untuk menjadi pelatih kepala.

Namun, di laga pembuka publik langsung dibuat ragu oleh penampilan Abduh Lestaluhu dkk. Mereka kalah 2-4 atas Myanmar U-23.

Timnas Indonesia U-23 pada akhirnya berhasil melaju hingga babak semifinal. Namun, di fase itu mereka hancur lebur.

Gawang tim Garuda Muda dibobol lima kali oleh Thailand. Skor 0-5 juga terulang di babak perebutan medali perunggu.

 

5 dari 6 halaman

SEA Games 2017

Ketika tampil di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup neraka. Berada di grup B, pasukan Luis Milla Aspas tergabung bersama Vietnam U-23 dan Thailand U-23.

Pada laga pembuka, di luar dugaan Garuda Muda justru mampu meraih hasil imbang atas Thailand U-23 yang saat itu menjadi favorit juara.

Bermain di Selayang, saat itu kedua tim berbagi skor imbang 1-1. Septian David Maulana mencetak gol untuk Indonesia sementara Chaiyawat Buran mencetak gol untuk Thailand.

Dalam edisi SEA Games kali ini medali perunggu berhasil dibawa pulang ke Tanah Air. Hal itu terjadi setelah di laga perebutan juara ketiga, Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1.

 

6 dari 6 halaman

SEA Games 2019

Grup neraka lagi-lagi menghampiri Timnas Indonesia U-23 di SEA Games Filipina 2019. Sama seperti edisi sebelumnya, Indonesia harus bersua Thailand dan Vietnam di fase grup.

Sementara di luar dugaan, Indonesia menjalani start dengan mulus. Tim asuhan Indra Sjafri itu menang 2-0 atas Thailand dalam laga pembuka.

Lagi-lagi situasi antiklimaks menghampiri Timnas Indonesia U-23. Mereka kalah 0-3 dari Vietnam di partai puncak. Timnas Indonesia kembali harus puas dengan torehan medali perak di ajang SEA Games 2019.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer