Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia U-23 Setelah Melumat Myanmar dan ke Semifinal SEA Games 2021: On Fire! Masih Ada PR Tapi..

Bola.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 melumat Myanmar U-23 3-1 di Viet Tri, Phu Tho Stadium, Minggu (15/05/2022) sore WIB. Hasil ini membawa skuad Garuda lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia U-23 langsung tampil agresif demi mengunci tiket lolos dari Grup A ke semifinal SEA Games 2021. Merah Putih pun langsung unggul pada menit kelima melalui gol Egy Maulana Vikri.

Pada menit kesembilan, Timnas Indonesia kembali unggul melalui sepakan Witan Sulaeman. Kemudian pada menit 45+2, Marselino Ferdinan memperlebar keunggulan Garuda Muda atas Myanmar.

Sayangnya di babak kedua permainan Indonesia sedikit drop. Myanmar pun bisa mencuri gol melalui aksi Win Naing Tun pada menit ke-66.

Beberapa peluang tercipta dari kedua kubu tapi pada akhirnya tak ada gol tambahan. Timnas Indonesia U-23 pun menang 3-1 atas Myanmar U-23.

2 dari 7 halaman

Kiper: Ernando Kesurupan Alisson!

Di laga ini Ernando Ari Sutaryadi mendapat sejumlah cobaan berat dari lini serang Myanmar U-23. Akan tetapi kiper asal Persebaya ini tampil cekatan untuk menghalau peluang lawan.

Di babak pertama misalnya, sempat ada shooting lawan dari jarak dekat usai menerobos sisi kiri pertahanan Indonesia. Namun bola masih bisa diblok Ernando.

Aksi yang paling ciamik ada di penghujung laga babak kedua. Ernando Ari sempat mencegah bola dengan refleksnya yang luar biasa meski lawan melepas sepakan dari jarak dekat.

Aksinya yang apik dalam situasi satu lawan satu ini tentu saja mengingatkan kita pada penampilan kiper Liverpool, Alisson Becker. Kiper asal Brasil itu baru saja membawa The Reds meraih gelar Piala FA alias FA Cup melawan Chelsea.

Nilai: 8

3 dari 7 halaman

Lini Pertahanan

Asnawi Mangkualam - 7.5

Asnawi Mangkualam seperti kurang tampil maksimal, mungkin karena kurang fit. Akan tetapi ia tetap mampu mengawal areannya dengan sigap dan ia berhasil mematahkan sejumlah serangan lawan. Ia juga sesekali membantu menyerang dan nyaris menciptakan assist bagi Irfan Jauhari

Fachruddin Aryanto - 6.5

Fachruddin Aryanto tampil kokoh di laga ini. Ia beberapa kali berada di posisi yang tepat untuk memotong umpan lawan. Ia juga tampil tanpa kompromi. Bola yang masuk areanya akan langsung dibuang secepatnya tanpa pikir dua kali.

Rizky Ridho - 6.5

Tampil cukup solid juga di lini belakang bersama Fachruddin, termasuk dalam duel bola-bola atas. Rizky Ridho juga membantu mengancam lawan dalam situasi set piece.

Alfreandra Dewangga - 6

Tampil sebagai bek kiri. Ia kurang maksimal saat menyerang dan kerap keteteran saat bertahan. Lawan pun kerap menyerang dari sisi ini dan beberapa kali menciptakan peluang usai melewati Dewangga khususnya di babak pertama. Penampilannya sedikit membaik di babak kedua.

4 dari 7 halaman

Lini Tengah

Marc Klok - 6.5

Tampil cukup lumayan dalam bertahan meski tak seperti di laga sebelumnya. Kontribusinya malah menonjol dari situasi set piece di mana dari tendangan pojok ia nyaris menghasilkan peluang bagi Egy di babak pertama dan tendangan bebasnya di penghujung laga babak kedua nyaris berbuah gol jika saja tak menghantam mistar gawang.

Ricky Kambuaya - 7

Tampil solid di laga ini khususnya di setengah jam babak pertama. Pergerakannya dengan bola mampu memecah pertahanan Myanmar dan ia akhirnya menghasilkan assist untuk gol Witan Sulaeman. Namun ia kurang maksimal membantu timnya bertahan. Pada akhirnya Kambuaya ditarik keluar dan digantikan Rachmat Irianto pada pertengahan babak kedua.

Marselino Ferdinan - 7.5

Marselino Ferdinand tampil ciamik juga di laga ini. Ia membantu Timnas Indonesia U-23 mendominasi lini tengah di setengah jam babak pertama. Merselino Ferdinan pun kemudian ikut mencetak satu gol dan bahkan bisa menambah satu laga. Rapornya harus bisa lebih baik lagi jika ia lebih solid membantu tim bertahan. Di babak kedua Ferdinan pun digantikan oleh Syahrian Abimanyu.

5 dari 7 halaman

Lini Depan

Egy Maulana Vikri - 8.5

Aktif meneror pertahanan lawan dari sayap kanan. Egy Maulana Vikri pun kerap menciptakan peluang bagi Timnas Indonesia U-23 untuk mencetak gol. Egy bahkan ikut menyumbang satu gol di laga ini. Ia harusnya bisa mencetak lebih dari satu gol dan juga menciptakan satu assist ke gawang Myanmar.

Irfan Jauhari - 6.5

Tampil enerjik di lini serang. Ia sempat mendapat peluang mencetak gol setidaknya dua kali tapi gagal memaksimalkannya.

Witan Sulaeman - 7

Witan Sulaeman tampil oke saat menyerang bagi Timnas Indonesia U-23. Ia bahkan ikut mencetak satu gol ke gawang Myanmar U-23. Sayangnya ia kurang aktif membantu tim bertahan dan pada satu titik ia tak ikut track back sehingga pertahanan Indonesia akhirnya terancam melalui serangan lawan dari sayap kanan.

6 dari 7 halaman

Pemain Cadangan

Syahrian Abimanyu - 6.5

Masuk menggantikan Merselino Ferdinan. Ia memberikan energi baru bagi Timnas Indonesia U-23 dan membantu mengandam lawan dari situasi set piece.

Rachmat Irianto - 6.5

Masuk menggantikan Ricky Kambuaya. Hadirnya Rachmat Irianto juga membantu memberikan energi baru bagi Timnas Indonesia U-23 dalam bertahan sekaligus menyerang.

Ronaldo Kwateh - 7

Ronaldo Kwateh masuk menggantikan Irfan Jauhari. Hadirnya Ronaldo juga memberikan energi baru bagi lini serang Timnas Indonesia U-23. Bahkan ia nyaris saja mencetak gol jika saja bola sepakannya tidak ditepis kiper lawan. Cameo yang bagus darinya.

Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, 15/5/2022)

7 dari 7 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer