VIDEO: Melihat Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, Amunisi Baru Timnas Indonesia

VIDEO: Melihat Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, Amunisi Baru Timnas Indonesia

Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah berhasil menyelesaikan rangkaian proses naturalisasi mereka pada minggu kemarin, Kamis (19/5/22). Kedunya pun sudah mengikuti proses latihan di Bandung bersama Timnas Indonesia.

Namun menarik untuk kita melihat bagaimana proses rangkaian naturalisasi kedua pemain ini. Dikutip dari PSSI TV, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat berjalan sangat lancar. Dimulai dari ketibaan mereka di Indonesia, wawancara Badan Intelejen Negara hingga tes medis, semuanya terlihat sesuai rencana.

Ketika berada di Indonesia, Jordi mendatangi Kedutaan Besar Spanyol, Senin (16/5/2022). Sementara Sandy mengunjungi Kedutaan Besar Belanda, Rabu (18/5).

Dari kunjungan itu, keduanya mendapat dokumen tidak keberatan terkait rencana mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Dokumen tersebut lalu dilaporkan PSSI ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Kamis (19/4/2022) beserta dokumen lainnya. Tak hanya itu, Jordi dan Sandy Walsh pun sudah diwawancara secara tertutup oleh Badan Intelijen Negara (BIN), Senin (16/5/2022).

Keduanya juga telah menjalani tes medis disertai tes bebas narkoba, Selasa (17/5). Jordi Amat dan Sandy Walsh melakukan pemeriksaan medis secara keseluruhan di rumah sakit yang berada di Jakarta. Selama hampir empat jam, keduanya menjalani serangkaian tes untuk melihat kondisi fisik.

Pemeriksaan kondisi kesehatan menjadi syarat penting dalam proses naturalisasi yang sedang dijalani. Nantinya, hasil pemeriksaan akan diteruskan PSSI kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Selain itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh juga menjalani pemeriksaan psikologis. Tujuannya adalah agar keduanya memenuhi syarat sehat secara jasmani dan rohani dalam proses naturalisasi untuk Timnas Indonesia

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 30 May 2022, 07:17 WIB

Video Terkait

Spotlights