Sukses


Jordi Amat dan Sandy Walsh Sedih Absen Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Pilih Tetap Bertahan di Skuad

Bola.com, Bandung - Jordi Amat dan Sandy Walsh memang sedih gagal membela Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, keduanya memilih untuk tetap bertahan di tim berjuluk Skuad Garuda itu.

Jordi Amat dan Sandy Walsh telah mengikuti latihan Timnas Indonesia sejak beberapa hari lalu untuk persiapan beruji coba dengan Bangladesh di Bandung.

Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh dalam FIFA Matchday pada Rabu (1/6/2022) malam WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

2 dari 6 halaman

Kenyataan Tidak Sesuai Ekspektasi

Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah berada di Indonesia sejak Mei 2022. Keduanya datang untuk menuntaskan proses naturalisasi yang telah berjalan empat bulan.

Sebelumnya, PSSI menargetkan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh rampung sebelum Timnas Indonesia bertanding di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Namun, kenyataannya tidak sesuai ekspektasi. Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh masih diproses pemerintah. Sementara, pendaftaran pemain untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 telah ditutup.

3 dari 6 halaman

Kabar Menyedihkan

Timnas Indonesia U-23 akan bertanding di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022. Skuad Garuda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

"Ini kabar yang menyedihkan bagi saya dan Sandy. Namun kami berusaha menanggapinya dengan positif," ujar Jordi Amat dinukil dari Antara.

"Kami tetap berlatih dengan Timnas Indonesia Indonesia untuk lebih mengenal satu sama lain, termasuk teman-teman, pelatih, dan para staf," jelas pemain asal Spanyol itu.

4 dari 6 halaman

Pergantian Asosiasi

Jika naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah tuntas secara hukum negara, keduanya masih harus melalui perpindahan asosiasi di FIFA.

Jordi Amat dan Sandy Walsh belum pernah bermain untuk Timnas Spanyol dan Belanda. Namun, keduanya punya rekam jejak beraksi untuk timnas level usia.

"Perubahan asosiasi di FIFA itu memang sulit dan rumit. Namun kami akan terus berusaha. Semoga kami segera mendapatkan paspor Indonesia dan bergabung dengan timnas pada pemanggilan selanjutnya," tutur bek berusia 30 tahun ini.

5 dari 6 halaman

Pembagian Grup Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Grup A: Yordania, Kuwait, Timnas Indonesia, Nepal

Grup B: Palestina, Filipina, Yaman, Mongolia

Grup C: Uzbekistan, Thailand, Maladewa, Sri Lanka

Grup D: India, Hong Kong, Afghanistan, Kamboja

Grup E: Bahrain, Turkmenistan, Malaysia, Bangladesh

Grup F: Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, Singapura

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

Kuwait Vs Timnas Indonesia

11 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Yordania

14 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Nepal

Video Populer

Foto Populer