Sukses


3 Pelatih yang Bakal Menentukan Nasib Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023: Ada Eks Pelatih Sparta Praha

Bola.com, Jakarta - Perjuangan Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 akan kembali dimulai. Babak kualifikasi fase ketiga ajang ini akan dimulai pada 8 Juni 2022 mendatang.

Timnas Indonesia ada di Grup A pada fase tersebut. Tim Garuda akan bersaing dengan Kuwait sebagai tuan rumah. Lalu ada Nepal dan Yordania yang juga bakal ikut bersaing.

Mereka akan memperebutkan posisi juara grup atau salah satu dari runner-up terbaik untuk melaju ke putaran final Piala Asia tahun depan.

Ajang ini diyakini bisa jadi penentuan bagi nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kepercayaan publik kepadanya akan meningkat jika ia bisa mengantarkan Skuad Garuda ke putaran final Piala Asia 2023.

Syaratnya tentu ia harus membawa Timnas Indonesia meraih hasil maksimal di laga melawan Kuwait, Nepal, dan Yordania. Namun, tiga tim itu juga ditukangi para pelatih yang punya kualitas. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui siapa saja mereka. 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Vitezslav Lavicka (Kuwait)

Lavicka belum lama menjadi pelatih kepala Timnas Kuwait. Ia baru ditunjuk sebagai pelatih tim tersebut pada Maret 2022 yang lalu.

Pelatih berusia 59 tahun dari Republik Ceko ini bisa dikatakan sebagai pelatih paling berpengalaman di Grup A.

Ia sempat lama menukangi salah satu klub terbesar Republik Ceko, Sparta Praha. Selain itu, Lavicka juga pernah menjadi pelatih Ceko U-21.

Dengan pengalaman seperti itu, Lavicka bisa jadi lawan paling berat yang bakal dihadapi Shin Tae-yong pada Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti.

 

3 dari 5 halaman

Abdullah Al Mutairi (Nepal)

Nepal bisa dikatakan sebagai tim yang paling tidak diunggulkan di Grup A. Mereka ada di peringkat FIFA paling rendah dibandingkan tiga tim lain.

Namun, tim ini tetap tak bisa diremehkan, Rohit Chand dan kolega bisa saja menghadirkan kejutan di ajang ini.

Menariknya, Nepal ditukangi pelatih asal Kuwait bernama Abdullah Almutairi. Pelatih berusia 40 tahun itu mendapatkan pekerjaan itu sejak April 2021 lalu.

Usianya masih sangat muda untuk ukuran pelatih. Pengalamannya dalam melatih pun masih sedikit. Sebelum Nepal, ia baru pernah menukangi Timnas Kyrgistan U-17.

 

 

4 dari 5 halaman

Adnan Hamad (Yordania)

Hamad merupakan pelatih yang punya kewarganegaraan Irak. Namun, ia punya nama cukup besar di Yordania.

Hamad pernah meraih gelar juara Piala AFC. Itu dilakukan Hamad bersama klub Yordania bernama Al-Faisaly SC pada tahun 2006 lalu.

Ini adalah kali kedua Hamad mendapatkan pekerjaan sebagai pelatih Yordania. Kesempatan pertama itu hadir pada tahun 2009 hingga 2013 lalu.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

  • 8 Juni 2022: Kuwait Vs Indonesia
  • 11 Juni 2022: Indonesia Vs Yordania
  • 14 Juni 2022: Indonesia Vs Nepal

Video Populer

Foto Populer