Sukses


Iwan Bule Belum Beri Tahu Shin Tae-yong soal Rencana Fokus Latih Timnas Indonesia U-20, Malah Ramai di Medsos

Bola.com, Jakarta - PSSI belum memberi tahu Shin Tae-yong terkait rencana fokus untuk melatih Timnas Indonesia U-20. Namun, kabar itu telah meluas dan ramai di media sosial.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, berkeinginan Shin Tae-yong hanya melatih Timnas Indonesia U-20 yang akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023.

Selain Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong juga memegang jabatan sebagai nakhoda timnas senior dan timnas U-23 lantaran statusnya sebagai manajer pelatih.

Wacana Iriawan terhadap Shin Tae-yong menimbulkan pro dan kontra di media sosial. Ada netizen yang menganggap bahwa keputusan PSSI tepat, ada pula yang merasa bahwa momennya tidak pas.

2 dari 5 halaman

Bisa Pecah Konsentrasi Shin Tae-yong

Apa sebab? Shin Tae-yong sedang menangani timnas senior pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, 8-14 Juni 2022, sehingga mengancam konsentrasi pria asal Korea Selatan itu.

"Kami belum beri tahu ke Shin Tae-yong. Biar dia fokus dulu di Kuwait. Nanti pulangnya baru kami beri tahu ke dia," kata Iriawan.

Akibat fokus ke timnas senior, Shin Tae-yong tidak dapat mendampingi timnas U-19, cikal bakal Timnas Indonesia U-20, yang berkancah di Toulon Cup 2022 di Prancis pada 30 Mei-5 Juni 2022.

3 dari 5 halaman

Penjelasan Ketua PSSI

Di Toulon Cup 2022, timnas U-19 dipoles oleh asisten Shin Tae-yong, Dzenan Radoncic, bersama pelatih timnas U-16, Bima Sakti.

"Kami sebenarnya ingin Shin Tae-yong fokus di Timnas Indonesia U-20, begitu dari awal kami kontrak dia. Namun, dia mau semua ditangani," ujar Iriawan.

"Mulai dari timnas senior, U-23, dan U-20. Saya bilang kenapa? Dia jawab dia ingin lihat perkembangan pemain dari junior ke senior sehingga mengikuti perkembangan pemain tersebut."

"Ternyata mungkin sekarang, saya melihat Shin Tae-yong cukup keteteran dengan timnas tiga kelompok usia itu. Kami akan diskusikan nanti. Kami akan rekomendasikan."

"Rencananya, Shin Tae-yong kalau bisa hanya melatih Timnas Indonesia U-20 saja. Karena itu yang akan dipegang untuk Piala Dunia U-20 2023. Fokus," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

Kuwait Vs Timnas Indonesia

Kick-off 23.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

12 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Yordania

Kick-off 02.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

15 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Nepal

Kick-off 02.15 WIB

Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City

5 dari 5 halaman

23 Pemain Timnas Indonesia untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Adisatryo, Syahrul Trisna

Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Koko Ari, Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto

Gelandang: Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Irfan Jaya

Video Populer

Foto Populer