Sukses


Thailand Punya Poin Sempurna di Piala AFF U-19 2022, tapi Ada Celah untuk Dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Bekasi - Timnas Indonesia U-19 menghadapi Thailand dalam pertandingan ketiganya di Grup A Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam WIB. Laga yang sulit dan ketat bakal tersaji, tapi bukan berarti Timnas Indonesia U-19 tidak bisa menang.

Bicara hasil dua pertandingan pertama yang dijalani masing-masing tim di Grup A Piala AFF U-19 2022, Thailand dan Timnas Indonesia U-19 tak berbeda jauh. Thailand unggul dua poin dari Indonesia di klasemen sementara, tapi keduanya sama-sama belum kebobolan.

Timnas Indonesia U-19 mampu bermain imbang tanpa gol dengan Vietnam dalam laga pertamanya. Kemenangan 7-0 atas Brunei pada laga kedua pun bakal menjadi motivasi yang sangat bagus untuk menghadapi Vietnam yang sampai saat ini baru mencetak empat gol.

Thailand meraih kemenangan 1-0 atas Filipina dalam pertandingan pertama, yang berlanjut dengan kemenangan telak 3-0 atas Myanmar pada laga kedua.

Tim Gajah Perang punya enam poin sempurna dan belum kebobolan, tapi bukan berarti mereka tidak punya kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-19.

2 dari 6 halaman

Kencang di Babak Pertama

Satu kesamaan dari dua kemenangan yang didapatkan Thailand sepanjang Piala AFF U-19 2022 adalah keberhasilan mereka untuk bisa mendapatkan gol pada babak pertama.

Thailand bermain menyerang penuh sejak awal pertandingan. Mereka terus memberikan tekanan kepada lawan-lawannya, baik Filipina maupun Myanmar.

Memang, dari dua pertandingan tersebut, Filipina mampu mendapatkan peluang untuk membalas pada babak pertama. Namun, tak satu pun peluang mereka membuahkan hasil.

Sementara itu, ketika menghadapi Myanmar, Thailand tampil trengginas dan tak membiarkan lawan membalas serangan.

 

3 dari 6 halaman

Waspadai Gelombang Serangan Thailand

Artinya, Timnas Indonesia U-19 harus mewaspadai tekanan cepat dan kencang Thailand pada babak pertama dalam pertandingan di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Lini pertahanan yang dikawal Kakang Rudianto, Marcell Januar, maupun Ahmad Rusadi harus siap untuk mengantisipasi gelombang serangan Thailand yang berusaha membombardir gawang Timnas Indonesia U-19 yang dalam dua laga pertama dikawal oleh Cahya Supriadi.

Harapanannya, lini pertahanan Tim Garuda Nusantara yang belum sekalipun bobol dalam dua pertandingan pertama masih bisa dipertahankan ketika menghadapi Thailand yang juga merupakan tim kuat seperti Vietnam.

4 dari 6 halaman

Thailand Tidak Efektif di Babak Kedua

Empat gol yang dicetak Thailand dalam dua pertandingan pertamanya di Piala AFF U-19 2022 lahir di babak pertama. Bahkan Myanmar tak bisa mengimbangi permainan Thailand sepanjang babak pertama.

Namun, hal berbeda terlihat pada babak kedua. Tak satu pun gol bisa dicetak oleh Thailand pada 45 menit kedua dalam dua pertandingan terebut.

Bahkan Myanmar yang kalah 0-3 dari Thailand pun boleh dibilang mulai bisa mengimbangi permainan dengan melakukan beberapa kali serangan yang cukup mengancam. Sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-19 dalam pertandingan nanti.

5 dari 6 halaman

Harus Konsisten dan Efektif di 45 Menit Kedua

Sebenarnya, lini serang Timnas Indonesia U-19 juga tidak terlalu menjanjikan pada babak kedua laga kontra Brunei. Setelah unggul telak 6-0 pada babak pertama, Tim Garuda Nusantara hanya berhasill mencetak satu gol tambahan yang dicetak oleh Alfriyanto Nico pada menit ke-61.

Namun, dalam laga kontra Thailand, Timnas Indonesia U-19 sebaiknya bisa bermain lebih efektif di babak kedua, terutama jika Thailand masih bermain seperti ketika menghadapi Filipina dan Myanmar, di mana pada 45 menit kedua itu lawan-lawan dari Thailand mampu lebih berkreasi menciptakan peluang.

Jika Timnas Indonesia U-19 bisa mendapatkan momentum yang sama, Hokky Caraka dkk. hanya tinggal memastikan bahwa permainan mereka tetap efektif di babak kedua, memaksimalkan peluang untuk bisa menjadi gol dalam 45 menit kedua.

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Video Populer

Foto Populer