Sukses


Ambil Cuti dari Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Mudik ke Korea Selatan Pekan Depan

Bola.com, Bekasi - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengonfirmasi pemberian cuti untuk pelatih Shin Tae-yong. Iriawan menyebut, pelatih Timnas Indonesia itu akan kembali ke Korea Selatan.

Shin Tae-yong bakal mudik ke Korea Selatan pada 20 Juli 2022. Kepergian Shin Tae-yong akan dilakukan setelah melakukan evaluasi Timnas Indonesia U-19 bersama PSSI.

"Kalau tidak salah, tanggal 20. Habis evaluasi hasil, malamnya berangkat," kata Iriawan.

Shin Tae-yong disebut meminta waktu panjang untuk menghabiskan cuti tahun ini. Itu dilakukan karena Shin Tae-yong sudah lama berpisah dengan keluarganya di Korea Selatan karena sibuk dengan Timnas Indonesia.

"Hampir sebulan dia minta waktu istirahat. Cuti tahun ini dihabiskan," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

2 dari 5 halaman

Tetap Stand By

Mochamad Iriawan juga memastikan, Shin Tae-yong tetap akan stand by selama di Korea Selatan. Nantinya, Shin Tae-yong tetap akan hadir pada pertemuan melalui virutal bila diperlukan.

"Biarpun cuti, dia tetap ada pertemuan virtual dengan kami," tegas Iriawan.

Agenda terdekat Shin Tae-yong adalah bersama Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada September mendatang. Namun, sebelumnya Timnas U-19 bakal menggelar pemusatan latihan di Eropa.

3 dari 5 halaman

Respons PSSI

Mochamad Iriawan juga mengomentari keberhasilan Malaysia menjuarai Piala AFF U-19 2022 di Indonesia. Menurut Iriawan, Malaysia layak menjadi juara karena tampil bagus.

"Kami harus realistis. Sekarang menang lawan Laos, kemarin menang lawan Vietnam. Kami harus mengakui itu yang terjadi di sepak bola," kata Mochamad Iriawan.

Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah. Malaysia sebelumnya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018.

4 dari 5 halaman

Segera Evaluasi

PSSI dan pelatih Shin Tae-yong berencana menggelar evaluasi terkait penampilan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Menurut Mochamad Iriawan, ada kekurangan yang masih perlu ditingkatkan.

"Habis ini kami akan rapat evaluasi. Pasti ada kurang-kurangnya meski semua berjalan lancar. Kami tahu, kami tidak ke final," ujar Iriawan.

Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah finis di urutan ketiga Grup A. Pasukan Shin Tae-yong itu kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

5 dari 5 halaman

Malaysia Merendah

Sementara itu, pelatih Timnas Malaysia U-19, Hassan Sazali, merendah setelah membantu timnya menjuarai Piala AFF U-19 2022. Menurut Hassan, persiapan timnya jauh tertinggal dari yang dimiliki Timnas Indonesia U-19.

Penilaian itu diungkapkan Hassan Sazali saat membandingkan persiapan Malaysia dengan Timnas Indonesia U-19. Menurutnya, persiapan Timnas U-19 lebih baik dan terstruktur karena sampai mengikuti turnamen Toulon Cup 2022 di Prancis.

"Timnas Indonesia U-19 memiliki persiapan yang rapi. Kalau saya bandingkan dengan persiapan tim kami, saya rasa Indonesia lebih unggul karena telah menjelajah Eropa," kata Hassan Sazali.

Video Populer

Foto Populer