Sukses


Shin Tae-yong Heran Lihat Pemain Timnas Indonesia Banyak Jadi Cadangan di Klub BRI Liga 1, PSSI Siap Turun Tangan

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku siap turun tangan untuk mengetahui penyebab banyaknya pemain Timnas Indonesia yang jadi cadangan di klub BRI Liga 1.

Respons tersebut diberikan Mochamad Iriawan untuk menanggapi keheranan pelatih Shin Tae-yong. Sebelumnya, Shin Tae-yong mengeluhkan pemain Timnas Indonesia yang dinilai minim kesempatan bermain di level klub.

Shin Tae-yong berharap, budaya seperti itu bisa dihilangkan demi mengembangkan sang pemain. Pelatih asal Korea Selatan itu memang tak menyebut secara spesifik sosok dan klubnya.

Namun, Shin Tae-yong memberikan sorotan khusus kepada pemain yang berperan sebagai penyerang di Timnas Indonesia. PSSI kini siap membantu untuk turun tangan menjawab keheranan Shin Tae-yong.

2 dari 6 halaman

Diawet-awet?

Mochamad Iriawan menyebut, pihak yang paling bisa menjawab keheranan Shin Tae-yong adalah klub BRI Liga 1. Namun, Iriawan siap menjadi mediator untuk menyelesaikan masalah tersebut demi mendukung perkembangan Timnas Indonesia.

"Kami perlu komunikasikan mengapa mereka belum main atau diawet-awet. Bisa saja," kata Mochamad Iriawan.

"Kami akan diskusikan dulu dan belum mendapatkan jawaban. Harus tanya ke klub Liga 1 mengapa banyak pemain Timnas Indonesia dicadangkan," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

3 dari 6 halaman

Terancam Batal?

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao pada FIFA Matchday, September 2022. Namun, duel tersebut diragukan terselenggara karena aturan vaksinasi COVID-19.

Menurut Mochamad Iriawan, mayoritas pemain Curacao belum melakukan vaksinasi COVID-19. Inilah yang menjadi faktor penghambat terselenggaranya pertandingan FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia.

"Ada hal yang memang mereka belum vaksin semua. Namun, mungkin masih keburu atau tidak mereka melakukan vaksin," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan di Gianyar, Bali.

"Kami perlu komunikasikan dengan Pemerintah. Sebab, Pemerintah kita mempunyai aturan sendiri," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

4 dari 6 halaman

Lawan Berkualitas

Mochamad Iriawan berkomitmen mencarikan lawan yang berkualitas untuk Timnas Indonesia. Kandidat lawan harus memiliki peringkat di bawah ranking 100 FIFA.

"Jadi bersabar ya. Kami tetap mencari bersama Sekjen, Direktur Teknik, berkaitan dengan uji coba Timnas Indonesia," ucap Iriawan.

"Yang jelas, saya minta di bawah 100. Yang lebih kuat dari kita sehingga betul-betul bermain dengan permainan tinggi," tegas Iriawan.

5 dari 6 halaman

Ibul Murka

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, juga murka dengan tudingan kekanak-kanakan dari mantan pelatih Timnas Thailand, Steve Darby. Tudingan itu diungkapkan terkait adanya rencana PSSI yang ingin meninggalkan AFF dan bergabung dengan EAFF.

Mochamad Iriawan menegaskan, Steve Darby tak pantas memberikan tudingan kekanak-kanakan pada PSSI. Menurut Iriawan, Steve Darby seharusnya mengkritik permainan Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 yang menodai fairplay.

"Yang kekanak-kanakan itu Thailand saat bermain di lapangan. Saya tidak pernah bilang akan keluar dari AFF, hanya keinginan netizen," kata Iriawan.

"Tolong dicermati yang kekanak-kanakan ya Thailand. Ya harusnya menekan dong. Ini bola dioper kanan kiri dia diam saja. Kami tidak begitu," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

6 dari 6 halaman

Thailand Tak Begitu

Mochamad Iriawan juga menyebut, Thailand sebelumnya tidak pernah bermain seperti yang terjadi di Piala AFF U-19 2022. Menurut Iriawan, Thailand biasanya dikenal sebagai tim yang menjunjung tinggi sportivitas dan bermain agresif.

"Kan Thailand tidak pernah begitu mainnya. Biasanya bermain menyerang dan ofensif terus. Itu perlu didalami oleh AFF," ujar Iriawan.

"Apakah sudah ada rencana sebelumnya atau tiba-tiba terjadi di lapangan? Apalagi sudah ada indikasi dari tim teknik Vietnam seperti yang di Instagram itu," tegas Iriawan.

Video Populer

Foto Populer