VIDEO: Taklukkan Vietnam, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16

VIDEO: Taklukkan Vietnam, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16

Timnas Indonesia U-16 sukses memetik kemenangan ketiga di Grup A Piala AFF U-16 dan sekaligus meraih titek juara grup. Mereka menang 2-1 atas Vietnam U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (06/08/2022) malam.

Penampilan agresif Timnas Indonesia U-16 mulai melahirkan ancaman di menit ke-18. Itu tercipta lewat tendangan bebas Narendra Tegar dari jarak cukup jauh. Dia mengarahkan bola langsung ke gawang, namun bisa ditangkap Pham Dinh Hai lagi.

Nasib sial dialami Timnas Indonesia U-16 yang dihukum penalti. Memasuki menit ke-41, Rizdjar Nurviat dianggap menjatuhkan Le Dinh Long di kotak terlarang. Vietnam berhasil unggul 1-0 lewat eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Timnas Indonesia U-16 tancap gas melakukan serangan demi bisa membalik kedudukan di babak kedua.

Gol balasan itu akhirnya muncul di menit ke-52. Itu berkat dribel Narendra Tegar yang masuk hingga kotak penalti dan diteruskan dengan umpan silang. Bola lantas disambut dengan sundulan oleh Kaka dan membuat Vietnam kebobolan.

Hanya tiga menit kemudian, Timnas Indonesia U-16 berbalik unggul. Gol kedua ini lahir lewat skema serangan balik dan membuat Nabil Asyura menerima umpan terobosan. Dengan tendangan keras, Nabil menjebol gawang Vietnam di menit ke-55.

Dalam kondisi unggul 2-1, Timnas Indonesia U-16 masih berusaha tampil menyerang. Namun, mereka lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah. Beberapa kali, Iqbal Gwijangge dkk. juga mampu mematahkan serangan lawan.

Di menit ke-87, Vietnam mampu menjebol gawang Timnas Indonesia U-16 lewat tembakan keras. Bola sempat ditangkap Andrika Fathir yang kemudian diganggu pemain Vietnam lain. Bola yang masuk ke gawang dianulir wasit karena dianggap lebih dulu terjadi pelanggaran.

Wasit pun membunyikan peluit panjang dengan skor 2-1 untuk Timnas Indonesia U-16. Kemenangan ini membuat Garuda Asia menduduki puncak Grup A dengan poin sempurna, yakni 9 angka, dan status juara grup.

Hasil ini sekaligus membuat Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke semifinal. Sedangkan Vietnam masih mungkin lolos sebagai runner-up terbaik sambil masih menunggu hasil grup lain.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 06 August 2022, 22:06 WIB

Video Terkait

Spotlights