Sukses


PSSI Pasang Target Tinggi untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-17 2022

Bola.com, Jakarta - PSSI memasang target tinggi untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-17 2023. Ketua Umum Mochamad Iriawan berharap, pasukan Bima Sakti bisa lolos dan finis lima besar.

Target tinggi yang diberikan untuk Timnas Indonesia U-16 dianggap sudah sesuai. Apalagi Timnas U-16 baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022.

"Nanti ada Piala Asia. Kami harapkan, minimal saya ingin masuk lima besar," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).

Untuk bisa memenuhi target lima besar, Timnas Indonesia U-16 terlebih dahulu harus memastikan diri lolos ke Piala AFC U-17 2023. Perjalanan pasukan Bima Sakti tak akan mudah mengingat harus bersaing dengan tim tangguh.

2 dari 5 halaman

Sadar Diri

Mochamad Iriawan menyebut, target lima besar untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-17 2023 sudah realistis. Penyebabnya karena pada level Asia peta persaingan yang akan dihadapi lebih sulit dari AFF.

"Tentunya kalau nomor satu kan lawan-lawannya luar biasa. Kalau nomor lima besar kami targetkan. Oleh karena itu, akan kembali kami adakan training center di dalam maupun luar negeri," tegas Iriawan.

Timnas U-16 tergabung di Grup B Kualifikasi Piala AFC U-17 2023. Pasukan Bima Sakti akan bersaing dengan Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab di Grup B Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

3 dari 5 halaman

Ikut Upacara Bendera

Timnas Indonesia U-16 memenuhi undangan untuk mengikuti upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022). Tak hanya skuad Timnas U-16, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga turut dalam kegiatan tersebut.

Sebanyak 28 pemain plus lima tim kepelatihan dengan khidmat mengikuti upacara bendera di Istana Merdeka. Pengalaman ini tentu saja langka dan menjadi yang pertama bagi mereka.

"Ini suatu kebanggaan bagi pemain dan tentu PSSI yang diundang ke Istana Negara untuk mengikuti upacara bendera," ujar Iriawan

4 dari 5 halaman

Disambut Jokowi

Setelah upacara bendera, skuad Timnas Indonesia U-16 disambut secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Undangan ini merupakan bagian dari acara HUT ke-77 Republik Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas U-16 baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022. Presiden Jokowi secara khusus memberikan ucapan selamat sekaligus mengapresiasi pencapaian dari Timnas U-16.

''Selamat, ya. Kemarin saya lihat mainnya bagus sekali. Harus dijaga performanya, jangan sampai menurun. Biasanya ke U-23 menurun, harus konsisten,'' kata Jokowi dalam keterangan resminya.

5 dari 5 halaman

Kado Ultah

Sementara itu, pelatih Bima Sakti mengaku sudah memperlihatkan trofi Piala AFF U-16 2022 kepada Presiden Jokowi. Menurut Bima Sakti, gelar ini merupakan kado untuk Kemerdekaan Republik Indonesia.

''Tadi kami sudah perlihatkan piala ke Bapak Presiden. Ini sebagai kado untuk Bangsa Indonesia yang hari ini merayakan kemerdekaan,'' tegas Bima Sakti.

Timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Gelar ini menjadi yang kedua setelah 2018.

Video Populer

Foto Populer