Sukses


Sandy Walsh dan Jordi Amat Tinggal Tunggu 3 Tahap untuk Membela Timnas Indonesia, Apa Saja?

Bola.com, Jakarta - Sandy Walsh dan Jordi Amat tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres), pengambilan sumpah, dan perubahan asosiasi untuk membela Timnas Indonesia.

Komisi III DPR RI telah menyetujui naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) demi kepentingan Timnas Indonesia.

Komisi III DPR baru saja menggelar rapat kerja (raker) dengan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada Senin (29/8/2022).

"Kali ini, saya tawarkan sekali lagi, apakah Komisi III DPR dapat menyetujui pemberian Warga Negara Indonesia kepada Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk selanjutnya diproses melalui undang-undang? Setuju!" ujar Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto dalam live streaming di YouTube DPR RI.

2 dari 5 halaman

Keppres dan Pengambilan Sumpah

Setelah mendapatkan persetujuan Komisi III DPR, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat diteruskan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Kemensetneg akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Keduanya lalu bakal melakukan pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Jika dua tahapan itu sudah selesai, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan resmi menjadi WNI.

3 dari 5 halaman

Perubahan Asosiasi

Seusai menerima status sebagai WNI, apakah Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah bisa membela Timnas Indonesia? Jawabannya belum.

PSSI masih harus memproses administrasi alih status dan perpindahan asosiasi Sandy Walsh dari Belanda dan Jordi Amat dari Spanyol ke FIFA.

Andai pergantian federasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah mendapatkan pengesahan dari FIFA, keduanya baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Melewati Beberapa Kementerian dan Instansi

Sebelumnya, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah melalui beberapa instansi dan kementerian seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hingga Kemensetneg.

"Dari Kemensetneg, akan diteruskan kepada DPR untuk diminta persetujuan," ujar ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani medio Juni 2022.

"Setelah itu kembali lagi ke Kemensetneg untuk dikeluarkan Keppres," imbuh Hasani Abdulgani.

5 dari 5 halaman

Kiprah Sandy Walsh sama Jordi Amat

Sandy Walsh bermain di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Mechelen. Bek sayap berusia 27 tahun itu telah beraksi enam kali dan membuat satu assist di musim 2022/2023.

Sementata Jordi Amat, baru saja pindah ke klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Bek berpaspor Spanyol itu juga sudah melakoni debutnya ketika bertanding di Liga Champions Asia.

Video Populer

Foto Populer