Sukses


Asnawi Mangkualam Cs Gemilang di Luar Negeri, Shin Tae-yong Minta Lebih

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ikut senang dengan penampilan apik yang ditunjukkan para pemain di luar negeri. Namun, sang pelatih meminta mereka untuk lebih meningkatkan penampilan.

Sejauh ini ada enam pemain Timnas Indonesia yang berkarier bersama klub luar negeri. Mereka adalah Saddil Ramdani (Sabah FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners FC), Witan Sulaeman (AS Trencin), Egy Maulana Vikri (Zlate Moravce), dan Elkan Baggott (Gillingham FC).

Mayoritas dari nama-nama di atas menjadi andalan di klub luar negeri, karena tampil mengesankan. Pelatih Shin Tae-yong menyebut itu menjadi tanda-tanda kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Itu tanda yang sangat positif. Akan tetapi, pemain aboard harus menunjukkan yang lebih baik lagi dari sekarang. Jangan puas di sini, harus lebih maju dari sekarang. Itu tanda sangat baik untuk memajukan sepak bola Indonesia," kata Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Asnawi dan Baggott Skud Inti

Duo bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott, menjadi pemain inti di klub masing-masing. Asnawi sejauh ini telah mengoleksi 22 kali penampilan untuk Ansan Greeners di K-League 2.

Asnawi tercatat 13 kali bermain sebagai starter di Ansan Greeners FC. Eks pemain PSM Makassar itu juga sukses mencetak dua gol dan satu assist.

Adapun Elkan Baggott sejauh ini sudah membukukan delapan penampilan dalam masa pinjamannya di Gillingham FC. Baggott juga dipercaya mendapatkan peran tambahan berupa membantu penyerangan.

3 dari 5 halaman

Egy dan Witan Semakin Moncer

Situasi yang tak jauh berbeda juga dialami Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Keduanya mulai menunjukkan tanda-tanda positif bersama klub baru.

Egy Maulana Vikri perlahan mulai menunjukkan kemampuan gemilangnya bersama Zlate Moravce. Pemain berusia 22 tahun itu telah tampil sebanyak tiga kali dan sukses menyumbang satu assist di Liga Slovakia.

Sementara itu, Witan Sulaeman telah bermain sebanyak tiga kali bersama AS Trencin. Witan sukses membukukan 76 menit bermain di klub Slovakia tersebut.

4 dari 5 halaman

Saddil Mengilap

Saddil Ramdani juga semakin mengilap di Sabah FC. Bersama klub Malaysia tersebut, Saddil menjadi tim inti.

Saddil tercatat membukukan 12 penampilan musim ini. Gelandang Timnas Indonesia itu juga mencetak dua gol dan lima assist.

5 dari 5 halaman

Belum Memukau

Situasi yang tak baik justru dialami Pratama Arhan. Kariernya agak mandek pada awal musim ini bersama Tokyo Verdy.

Pratama Arhan baru bermain selama 45 menit dalam satu laga J-League 2. Sampai saat ini, Arhan masih menjadi penghangat bangku cadangan dari klub Jepang tersebut.

Video Populer

Foto Populer