Sukses


5 Lulusan Piala AFF 2020 yang Bakal Jadi Andalan Timnas Indonesia pada Edisi Tahun Ini: Masih Muda, Harus On Fire!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali akan berlaga di Piala AFF 2022. Turnamen itu akan digelar pada 20 Desember 2022 – 16 Januari 2023.

Timnas Indonesia akan tergabung di Grup A Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong siap bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang jalur kualifikasi yakni Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Piala AFF 2022 menjadi momentum buat Timnas Indonesia mengakhiri dahaga puasa gelar. Para pemain yang bakal diandalkan saat ini sudah semakin matang dan siap memberikan penampilan gemilang buat skuad Merah Putih.

Lantas, siapa saja pemain alumni Piala AFF 2020 yang masih dibutuhkan Timnas Indonesia pada edisi 2022? Berikut ini lima pemain kreatif yang bakal jadi motor serangan skuad Merah Putih versi Bola.com.

2 dari 6 halaman

Evan Dimas

Evan Dimas merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bahkan menjadikannya sebagai kapten Timnas Indonesia.

Evan Dimas memiliki peran penting di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain Arema FC itu mampu menghubungkan lini tengah dan depan saat membangun serangan.

Kontribusi besar itulah yang membuat Shin Tae-yong sering menjadikan Evan Dimas sebagai starter di Timnas Indonesia. Evan tercatat sudah tampil sebanyak 950 menit di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

3 dari 6 halaman

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya merupakan pemain penting di Timnas Indonesia sejak diasuh pelatih Shin Tae-yong. Pemain Persib Bandung itu menjadi motor serangan di lini tengah.

Ricky Kambuaya sering membantu serangan dengan kemampuan yang dimilikinya. Pemain berusia 26 tahun itu mampu mengalirkan bola dengan baik di lapangan tengah.

Selain itu, Ricky juga punya kualitas individu dalam mendribel dan melepas tembakan. Itulah yang menjadi alasan Shin Tae-yong sering mengandalkannya dalam laga Tim Garuda.

4 dari 6 halaman

Irfan Jaya

Irfan Jaya merupakan senjata andalan Timnas Indonesia di sektor sayap pada Piala AFF 2020. Irfan Jaya sukses membuat repot pemain lawan pada turnamen tersebut.

Irfan Jaya bahkan menjadi pemain paling tajam milik Timnas Indonesia di ajang tersebut. Irfan Jaya berhasil menyumbang tiga gol.

Padahal, pelatih Shin Tae-yong memainkannya di posisi sayap. Kemungkinan besar Irfan Jaya masih dibutuhkan pada Piala AFF 2022.

5 dari 6 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman punya peran krusial di lini tengah Timnas Indonesia pada edisi 2020. Witan sukses membuat lini tengah Timnas Garuda disegani.

Witan Sulaeman merupakan gelandang sayap yang punya kemampuan komplet. Selain dibekali skill individu, Witan juga punya kecepatan dan kelincahan.

Kemudian yang terpenting adalah Witan bisa dijadikan opsi pemecah kebuntuan. Pada edisi sebelumnya, Witan tercatat sukses menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

Egy Maulana Vikri

Timnas Indonesia masih membutuhkan jasa Egy Maulana Vikri pada Piala AFF 2022. Pada edisi sebelumnya, Egy punya peran penting dalam membantu skuad Merah Putih ke final.

Egy ketika itu turut mencetak dua gol sepanjang turnamen. Namun, PSSI punya tugas berat untuk memanggil Egy pada Piala AFF 2022.

Seperti diketahui, Piala AFF bukan agenda FIFA dan belum tentu Zlate Moravce mau melepas Egy. Apalagi turnamen tersebut digelar pada Desember 2022.

Video Populer

Foto Populer