Sukses


Tolak Program Naturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia, Mees Hilgers Kini Dipanggil Belanda

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers. Setelah menolak program naturalisasi yang diajukan PSSI, kini Mees Hilgers dipanggil Timnas Belanda.

Pemanggilan Mees Hilgers diungkapkan secara langsung oleh klubnya, FC Twente. Namun, pemain 21 tahun itu bukan dipanggil Timnas Belanda senior, melainkan U-21.

Selain Mees Hilgers, terdapat pula nama Xavi Simons dan Bjorn Meijer yang digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Timnas Belanda. Ini merupakan pemanggilan perdana buat Mees Hilgers.

Pemanggilan Mees Hilgers dkk. ini dilakukan sebagai persiapan untuk mengikuti Euro U-21 2023. Timnas Belanda U-21 akan menggelar pemusatan latihan sepanjang September dan melakoni dua laga uji coba melawan Belgia dan Rumania.

2 dari 5 halaman

Unggahan Pemanggilan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OnsOranje (@onsoranje)

3 dari 5 halaman

Alasan Penolakan

Mees Hilgers sebelumnya masuk dalam daftar kandidat pemain naturalisasi yang diincar pelatih Shin Tae-yong. Namun, minat yang diajukan melalui PSSI mendapatkan penolakan dari sang pemain.

"Baru-baru ini, Indonesia mengirimkan pesan kepada saya. Saya bilang bahwa belum," kata Mees Hilgers.

"Saya sekarang masih 20 tahun dan saya ingin mencoba memaksimalkan potensi saya. Ketika saya sedikit lebih tua, saya akan melihat bagaimana ke depannya," ucap pemain yang ibunya berasal dari Manado, Sulawesi Utara itu.

4 dari 5 halaman

Ketemu Erik ten Hag

Mees Hilgers sebelumnya sempat membuat kejutan setelah beredarnya foto yang menunjukkan pertemuannya dengan manajer Manchester United (MU), Erik ten Hag. Keduanya terlihat bertemu dalam sebuah jamuan makan malam.

Pertemuan Erik ten Hag dan Mees Hilgers itu lantas membuat publik bertanya-tanya. Sejumlah rumor kemudian bergulir terkait dengan rencana kepindahan Mees Hilgers ke Manchester United.

Belum diketahui alasan pemotretan antara Erik ten Hag dan Mees Hilgers yang berlangsung di Restoran Tante Koosje itu. Namun, sang foto grafer yakni Josee Donatz menyebut pertemuan itu merupakan bagian dari proyek De Talenten Academie.

"Saya merasa sangat terhormat diminta untuk mengerjakan tugas seperti ini!," kata Josee Donatz seperti dikutip dari akun Instagram-nya.

5 dari 5 halaman

Beralih ke Shayne Pattynama

Penolakan Mees Hilgers kemudian membuat PSSI mengalihkan ke Shayne Pattynama. Sang pemain memberikan respons positif dan bersedia dinaturalisasi.

Namun, proses naturalisasi Shayne Pattynama masih mandek. Ada beberapa dokumen yang belum lengkap sehingga prosesnya belum bisa disetujui oleh DPR.

Sementara itu, DPR sudah merestui proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya kini selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Video Populer

Foto Populer