Sukses


Iwan Bule Buka-bukaan di Depan Jokowi: Shin Tae-yong Minta 7 Pemain Naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan buka-bukaan di depan Presiden Jokowi terkait permintaan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, untuk menaturalisasi pemain demi Piala Dunia U-20 2023.

Iriawan baru saja mengikuti rapat terbatas (ratas) dengan Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2022).

Iriawan mengungkapkan bahwa Shin Tae-yong menginginkan PSSI untuk menaturalisasi tujuh pemain keturunan buat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20.

Ketujuh pemain itu berasal dari Belanda. Namun, baru dua nama yang bersedia meninggalkan paspor Belanda untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

2 dari 5 halaman

2 Pemain Sudah Bersedia

Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan merayu lima pemain keturunan lainnya dengan iming-iming bermain bersama Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20.

"Yang dua pemain sudah pasti mau karena kami telah berkomunikasi. Sedangkan lima pemain lainnya akan kami komunikasikan lagi," imbuh Iriawan dinukil dari laman PSSI.

"PSSI sudah membentuk tim untuk segera berangkat ke Belanda guna bertemu dengan keluarga para pemain," jelas Iriawan.

3 dari 5 halaman

Target Bisa Lebih Tinggi

Iriawan menjelaskan kepada Jokowi bahwa target Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 adalah lolos dari babak penyisihan.

Namun, Iriawan memaparkan bahwa Shin Tae-yong berani menjanjikan pencapaian yang lebih tinggi jika tujuh pemain keturunan itu dapat membela Timnas Indonesia U-20.

"Jadi, naturalisasi ini adalah keinginan pelatih. Sesuai kebutuhan tim. Shin Tae-yong sudah tahu prmain mana yang dibutuhkan," terang Iriawan.

4 dari 5 halaman

3 Pemain Keturunan Asal Belanda Dipulangkan

Sebelumnya, tiga pemain keturunan asal Belanda sempat bergabung dalam pemusatan latihan timnas U-19 untuk Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu.

Ketiganya adalah Max Christoffel, Jim Croque, dan Kai Boham. Namun, Shin Tae-yong memilih untuk memulangkan ketiganya ke Negeri Kincir Angin.

5 dari 5 halaman

Unggahan Iwan Bule

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mochamad Iriawan - Iwan Bule (@mochamadiriawan84)

Video Populer

Foto Populer