Sukses


Timnas Indonesia U-20 Bersanding dengan 5 Raksasa Termasuk Jepang dan Korsel, Lolos ke Piala Asia dengan Sempurna

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 mencatat hasil sempurna di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong menyapu bersih tiga pertandingan Grup F dengan kemenangan.

Indonesia melibas Timor Leste 4-0 pada laga perdana di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 14 September. Marselino Ferdinan dkk. lalu melibas Hong Kong 5-1 pada 16 September.

Timnas Indonesia U-20 menjalani laga penentuan untuk lolos ke Piala Asia, melawan Vietnam. Garuda Nusantara berhasil menang dalam laga sengit dengan skor 3-2, Minggu (18/9/2022).

Hasil ini membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 sebagai juara grup.  

2 dari 5 halaman

Fakta Menarik: 6 Tim dengan Kemenangan Sempurna

Timnas Indonesia U-20 bersanding dengan lima raksasa Asia, yang lolos ke Piala Asia U-20 2023 dengan hasil sempurna, 100 persen kemenangan.

Lima tim itu ialah Arab Saudi di grup A, Qatar (B), Jepang (C), Korea Selatan (E), dan Iran (J).

Namun, masih ada satu grup yang belum bertanding, yakni grup H yang dihuni Australia, Irak, India, dan Kuwait. Mereka baru akan bertanding pada 14 Oktober.

3 dari 5 halaman

Rekor Fantastis Jepang dan Arab Saudi

Jepang menjadi tim paling produktif sepanjang kualifikasi dengan 22 gol, diikuti Yordania (21 gol), dan Korea Selatan (19 gol), dan Arab Saudi (17 gol).

Jepang dan Arab Saudi menjadi tim yang tak kebobolan sepanjang turnamen.

4 dari 5 halaman

Komentar Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan Timnas Indonesia U-20 sempat lengah ketika unggul lebih dulu atas Vietnam. Namun, dengan semangat juang tinggi para pemainnya berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan.

"Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol," ucap Shin Tae-yong.

"Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," tegas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Jadwal Piala Asia U-20 2023

1-8 Maret 2023 di Uzbekistan

Video Populer

Foto Populer