Sukses


VIDEO Si Paham Bola: Siap Jadi Macan Asia? Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-20!

Bola.com, Jakarta - Si Paham Bola kali ini membahas soal Timnas Indonesia U-20 yang baru saja memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2023 yang akan digelar di Uzbekistan. Salah satu faktor keberhasilan Tim Garuda Muda adalah sang pelatih, Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-20 memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah menundukkan Vietnam U-20 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20. Pasukan Shin Tae-yong menang 3-2 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam hari WIB.

Gol pertama Timnas Indonesia U-20 tercipta pada menit ke-60. Bermula upaya menyisir sisi kiri, Frenky Missa mengirim umpan tarik kepada Marselino Ferdinan. Gelandang Persebaya Surabaya itu sukses melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal dibendung.

Vietnam membalas gol Marselino tersebut pada menit ke-66. Mereka melakukan serangan balik cepat lewat Khuat Van Khang yang memberi umpan tarik ke Nguyen Thanh Nhan. Kaki mengenai Ferarri yang dianggap melakukan gol bunuh diri.

Vietnam bahkan sempat berbalik unggul dengan mencetak gol kedua pada menit ke-79. Lagi-lagi serangan balik cepat dimulai dari Nguyen Ahn Tu kepada Thanh Nhan. Bola diteruskan kepada Dinh Xuan Tien yang bergerak bebas melepas tembakan.

Keunggulan Vietnam itu tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-20 membalasnya dan membuat skor menjadi 2-2 di menit ke-82. Kali ini Ferarri mencetak gol lewat sundulan dengan memanfaatkan umpan sepak pojok. Ini seolah menebus kesalahannya karena gol bunuh diri.

Hanya tiga menit berselang, memasuki menit ke-85, pelatih Shin Tae-yong bersorak mengangkat tangan dan melompat. Penyebabnya, Timnas Indonesia U-20 berbalik unggul dan membuat skor menjadi 3-2. Gol penentu kemenangan itu lahir lewat aksi Alfriyanto Nico yang menyisir sisi kanan. Lalu, ia melepas tembakan yang mengarah tipis ke garis gawang. Rabbani Tasnim pun mendorong bola dan membuat stadion bergemuruh.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan yang diikuti oleh 16 peserta. Sebanyak 14 negara sudah memastikan meraih tiket ajang itu, di antaranya adalah sang tuan rumah Uzbekistan, kemudian Arab Saudi, Qatar, Jepang, Yordania, Korea Selatan, Timnas Indonesia U-20, Oman, Tajikistan, Iran, Vietnam, Kirgistan, Tiongkok, dan Suriah.

Bagaimana pembahasan Si Paham Bola soal Shin Tae-yong yang mengantarkan Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2023? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan di atas.

Video Populer

Foto Populer