Sukses


Dituding sebagai Pemain Titipan di Timnas Indonesia, Muhammad Rafli Siap Jawab Keraguan Publik

Bola.com, Bandung - Penyerang Timnas Indonesia, Muhammad Rafli, bertekad menjawab keraguan publik terkait pemanggilannya untuk laga FIFA Matchday melawan Curacao. Rafli mengaku akan membuktikan keputusan pelatih Shin Tae-yong terhadap dirinya tidak salah.

Pemanggilan Muhammad Rafli ke Timnas Indonesia sempat menjadi kontroversi karena performa sang pemain yang tak begitu gemilang di Arema FC. Rafli sejauh ini sudah bermain sebanyak enam kali di BRI Liga 1, namun belum mampu mencetak gol.

Berbekal dari pengetahuan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong, Rafli bertekad menampilan permainan terbaik. Rafli mengaku, tak ada yang mustahil bagi Timnas Indonesia untuk mengalahkan Curacao.

"Pelatih sudah memberi tahu semua. Apa aja kelemahan dan kelebihan lawan. Apa saja yang bisa dieksploitasi. Tinggal kami implementasikan di pertandingan nanti," kata Muhammad Rafli ketika ditemui di Bandung.

2 dari 5 halaman

Berbekal Cuplikan Video

Muhammad Rafli mengakui tak tahu banyak dengan peta kekuatan Curacao yang akan dihadapi Timnas Indonesia. Rafli mengaku, mereka hanya mempelajari semuanya melalui rekaman video pertandingan.

"Belum banyak tahu dan dengar, akan tetapi kami sudah lihat videonya," ucap Rafli.

"Mereka tim yang andalkan fisik dan teknik. Pemain kami banyak yang punya kecepatan sehingga bisa dieksploitasi lewat itu," tegas Rafli.

3 dari 5 halaman

2 Alasan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya buka suara mengenai alasan pemanggilan Muhammad Rafli untuk laga FIFA Matchday melawan Curacao. Menurut Shin Tae-yong, penyerang Arema FC itu layak dipanggil karena punya dua kelebihan.

Pelatih Shin Tae-yong sebenarnya punya beberapa opsi penyerang berkualitas semisal Ahmad Nur Hadianto (Borneo FC) dan Wildan Ramdhani (Persita Tangerang). Namun, Shin Tae-yong bersikukuh memilih Rafli karena bagus secara potensi dan fisik mumpuni.

"Terkait Rafli, saya percaya dengan dia karena selama ini juga sudah beberapa kali ikut pemusatan latihan. Saya melihat dia ada potensi dan punya fisik yang bagus," kata Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Tak Jadi Acuan

Pelatih Shin Tae-yong mengakui performa Muhammad Rafli sedang tidak bagus bersama Arema FC. Namun, itu bukan jadi tolok ukur dari pemanggilan ke Timnas Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut berpendapat, dalam memilih pemain dia memiliki sejumlah pertimbangan yang panjang. Termasuk dengan rekam jejak sang pemain secara keseluruhan.

"Memang belakangan ini performanya sedang tidak bagus di liga. Namun, saya sebagai pelatih untuk membuat tim itu melihat secara keseluruhan bukan hanya pada bagian kecil. Jangan ada yang salah sangka," ucap Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Curacao

FIFA Matchday

24 September 2022

  • Timnas Indonesia Vs Curacao
  • Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

27 September 2022

  • Timnas Indonesia Vs Curacao
  • Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

Video Populer

Foto Populer