Sukses


Ketua PSSI Ingin Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022 dengan 2 Tambahan Pemain Naturalisasi

Bola.com, Bogor - Kemenangan dua kali Timnas Indonesia atas Curacao pada FIFA Matchday membuat ekspektasi dan kepercayaan diri PSSI makin tinggi.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk membawa pulang gelar Piala AFF 2022 ke Tanah Air.

Sepanjang sejarahnya, Timnas Indonesia tidak pernah memenangkan Piala AFF. Pencapaian terbaik tim berjulukan Skuad Garuda itu adalah enam kali menjadi runner-up.

Pada Piala AFF 2020 di Singapura yang digelar pada Desember 2021-Januari 2022 akibat pandemi COVID-19, Timnas Indonesia harus menyerah dari Thailand pada partai final.

2 dari 5 halaman

Berkiprah di Piala AFF 2022

Timnas Indonesia akan kembali berkancah di Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023 dengan sistem round robin. Setiap tim akan bermain kandang dan tandang dua kali pada penyisihan.

"Pada Desember 2022 ada Piala AFF. Saya ingin Timnas Indonesia menjadi juara," ujar Iriawan.

Iriawan menjanjikan kepada Shin Tae-yong bahwa naturalisasi dua pemain keturunan akan tuntas sebelum Piala AFF dimulai.

3 dari 5 halaman

Sandy Walsh dan Jordi Amat

Keduanya adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Keduanya dikabarkan tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan penyumpahan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Sandy Walsh yang berposisi sebagai bek sayap kanan dan Jordi Amat yang berperan menjadi bek tengah, akan membuat lini belakang Timnas Indonesia kian tangguh.

"Nanti juga ada tambahan dua pemain naturalisasi. Mudah-mudahan bisa lebih kuat," tutur Iriawan.

4 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Belum Mau Menjamin

Sebaliknya, Shin Tae-yong tidak dapat menggaransi Timnas Indonesia dapat menjuarai Piala AFF 2022.

Namun, pelatih berusia 53 tahun tersebut memastikan akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mewujudkan target tersebut.

"Soal itu, tidak ada yang tahu. Itu tidak ada yang tahu. Meski begitu, dalam setiap turnamen, saya akan 100 persen menuangkannya," terang Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

2 Kemenangan atas Curacao

Sementara itu, Shin Tae-yong baru saja membawa Timnas Indonesia menyapu bersih dua uji coba melawan Curacao dengan kemenangan dalam FIFA Matchday September 2022.

Tim berjuluk Skuad Garuda itu mengalahkan Curacao 3-2 pada uji coba pertama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung pada 24 September 2022.

Dalam latih tanding kedua, Timnas Indonesia kembali menghajar Curacao 2-1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022).

Video Populer

Foto Populer