VIDEO: Perintah Presiden Jokowi untuk Menpora, Kapolri, dan Ketum PSSI Setelah Tragedi di Stadion Kanjuruhan

VIDEO: Perintah Presiden Jokowi untuk Menpora, Kapolri, dan Ketum PSSI Setelah Tragedi di Stadion Kanjuruhan

- Presiden Jokowi (Joko Widodo) turut berduka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Sabtu (1/20/2022) malam hari WIB. Presiden Republik Indonesia itu juga menyampaikan perintah yang ditujukan kepada Menpora Zainudin Amali, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Minggu (2/10/2022).

Presiden Jokowi menyebut bahwa korban tewas dalam kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya itu mencapai 129 jiwa. "Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan," ujar Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/2/2022).

Jokowi juga menyampaikan bahwa telah memerintahkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi korban yang masih dirawat di rumah sakit. Selain itu, Jokwi juga meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua PSSI Mochamad Iriawan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kompetisi dan prosedur pengamanan penyelenggaraan.

Khusus untuk Listyo Sigit, Jokowi menginstruksikan untuk menggelar investigasi dan mengusut tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan. "Saya minta Kapolri untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata Presiden berusia 61 tahun tersebut.

Pernyataan lengkap Presiden Jokowi terkait tragedi Stadion Kanjuruhan, termasuk perintah untuk Menpora, Kapolri, dan Ketum PSSI, dapat disaksikan dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 02 October 2022, 11:18 WIB

Video Terkait

Spotlights