Sukses


Persija Berduka atas Tragedi Kanjuruhan, Thomas Doll: Hidup Kita Lebih Berharga dari Sepak Bola..

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta turut mengucapkan belasungkawa atas insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang (1/10/2022). Pelatih Thomas Doll merasakan kesedihan yang luar biasa terkait insiden kemanusiaan tersebut.

125 orang meninggal dunia akibat insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Tragedi ini terjadi usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-11 Liga 1 2022/2023.

Insiden ini tidak melibatkan suporter Persebaya karena memang mereka dilarang menghadiri pertandingan secara langsung ke stadion. Usai pertandingan, Aremania melampiaskan kekecewaan dengan menginvasi lapangan stadion setelah kekalahan 2-3 yang dialami Arema dari Persebaya.

Situasi itu membuat suasana menjadi kacau yang membuat pihak keamanan menyemprotkan gas air mata sehingga massa berhamburan. Kebanyakan dari mereka sesak nafas dan sulit menghindar untuk keluar stadion hingga akhirnya menimbulkan korban jiwa.

2 dari 5 halaman

Kesedihan Luar Biasa

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengaku merasakan kesedihan yang luar biasa atas insiden yang mengakibatkan ratusan lebih korban meninggal dunia. Doll menegaskan, sejenak tidak mau membahas sepak bola sampai masalah ini selesai.

"Saya merasakan kesedihan yang luar biasa karena hal seperti ini tidak boleh terjadi di sepak bola," kata Thomas Doll.

"Saya mengucapkan turut berbelasungkawa pada keluarga dan kerabat korban. Saya akan membahas sepak bola lagi ketika semua masalah yang menyebabkan tragedi ini sudah terselesaikan," tegas pelatih asal Jerman itu.

Ia juga mengunggah foto di Instagram, dengan caption, think bigger, that your life means more than just football (berpikirlah lebih jauh, hidupmu jauh lebih berharga dibanding sepak bola)

3 dari 5 halaman

Kasus Terakhir

Belasungkawa yang sama juga diucapkan Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca. Kedepannya Prapanca berharap tidak ada lagi pertandingan sepak bola di Indonesia yang merenggut korban jiwa.

“Saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Saya mendoakan untuk semua korban agar mendapat tempat di sisinya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ucap Prapanca.

"Saya berharap semoga insiden di Malang menjadi kasus terakhir di sepak bola Indonesia,” tegas Prapanca.

4 dari 5 halaman

Liga 1 Dihentikan Sementara

Liga 1 musim 2022/2023 dipastikan bakal rehat lebih lama imbas dari tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan kompetisi musim ini dihentikan sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan hingga waktu yang tidak ditentukan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," kata Mochamad Iriawan.

Liga 1 2022/2023 sudah memainkan 11 pekan. Puncak klasemen dihuni Borneo FC yang unggul selisih gol dari Madura United.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Liga 1

Video Populer

Foto Populer