Sukses


Deretan Pemain Naturalisasi di Era Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI: Solusi Instan?

Bola.com, Jakarta - PSSI era kepemimpinan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memiliki beberapa program. Satu di antaranya adalah program naturalisasi yang difokuskan kepada para pemain keturunan.

Sejauh ini ada empat pemain yang sudah berhasil beralih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Marc Klok, Sandy Walsh, Elkan Baggott, dan Jordi Amat.

Jordi Amat dan Sandy Walsh baru mendapatkan KTP Indonesia, Kamis (17/11/2022) siang. Keduanya mengucapkan janji setia menjadi WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta.

Namun, keduanya tidak langsung bisa membela Timnas Indonesia. Harus ada proses pemindahan federasi terlebih dahulu yang harus dijalani Amat dan Walsh.

2 dari 4 halaman

Klok dan Baggott Langsung Nyetel

Dua pemain yang lebih dahulu dinaturalisasi adalah Marc Klok dan Elkan Baggott. Klok harus menunggu untuk tinggal selama lima tahun dulu di Indonesia sebelum mendapatkan predikat WNI.

Klok harus menjalani proses itu lantaran tidak bisa menunjukkan bukti keturunan paling tidak dari kakek atau neneknya. Sementara bukti keturunan Indonesia dari Klok berasal dari kakek buyutnya.

Kasus berbeda dialami Elkan Baggott. Ia masih bersia 18 tahun ketika menerima tawaran menjadi WNI. Baggott pun tak perlu menjalani proses naturalisasi seperti pemain lain. Baggott langsung mendapatkan KTP Indonesia saat itu.

3 dari 4 halaman

Pattynama, Hubner dan Jenner Menyusul

Ada tiga pemain lain yang sampai saat ini proses naturalisasinya masih berlangsung. Pemain pertama adalah Shayne Pattynama.

Belum lama ini proses naturalisasi Pattynama sudah disetujui DPRI. Juga pihak terkait termasuk Kemenkumham.

Selain Pattynama ada dua pemain lain yang sedang menjalani proses serupa. Dua pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Bedanya, Hubner dan Jenner akan diproyeksikan bermain di Timnas Indonesia U-20. Namun, jika mampu tampil apik, bukan tidak mungkin keduanya bisa menembus skuad Timnas Indonesia senior dalam waktu dekat.

4 dari 4 halaman

Para Pemain Naturalisasi di Era Iwan Bule

  1. Mark Klok
  2. Elkan Baggott
  3. Sandy Walsh
  4. Jordi Amat
  5. Shayne Pattynama
  6. Justin Hubner
  7. Ivar Jenner

 

Video Populer

Foto Populer