Sukses


Resmi Jadi WNI, Jordi Amat Langsung Berikan Janji Manis

Bola.com, Jakarta - Jordi Amat tak mampu menggambarkan perasaanya setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Menurut Jordi, peristiwa pengucapan sumpah menjadi WNI sebagai hari terbaik dalam hidupnya.

Jordi Amat beserta Sandy Walsh mengambil sumpah menjadi WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Kamis (17/11/2022) siang WIB. Jordi mengaku sangat bahagia akhirnya bisa berganti kewarganegaraan menjadi Indonesia.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan dukungan, Ketua Umum PSSI dan juga pemerintah," kata Jordi Amat.

"Hari ini merupakan hari yang terbaik. Saya tidak bisa menggambarkan bagaimana perasaannya, sangat bahagia. Terima kasih banyak," tegas pemain berusia 30 tahun tersebut.

Dengan demikian, Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi pemain naturalisasi ke-36 dan 37. Data tersebut mengacu pada daftar pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang terekspose di publik.

 

2 dari 5 halaman

Berikan Segalanya

Jordi Amat juga memberikan janji manis kepada Indonesia yang menjadi negara barunya. Dia bertekad untuk memberikan segala kemampuannya demi prestasi Timnas Indonesia.

"Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, negara kita. Jadi, bila secara bersama-sama maka kita bisa melakukannya," ucap Jordi Amat.

Kehadiran Sandy dan Jordi menjadi tambahan kekuatan Timnas Indonesia. Keduanya diharapkan bisa membantu skuad Merah Putih menjadi juara Piala AFF 2022.

3 dari 5 halaman

Orang Jaksel

Setelah mengucap sumpah, Sandy Walsh dan Jordi Amat langsung diantar ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Keduanya akan mendaftarkan diri dalam proses pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Sandy dan Jordi nanti bakal terdaftar sebagai warga Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Iriawan berharap, proses keduanya mendapatkan identitas diri segera rampung.

"Dalam pembuatan KK, KTP, dan paspor Indonesia, hari ini juga saya akan langsung mengantar kedua-duanya ke Dukcapil. Ingin supaya segera prosesnya selesai," kata Mochamad Iriawan.

4 dari 5 halaman

Lapor FIFA

Mochamad Iriawan juga menyebut, PSSI akan melaporkan peresmian Jordi Amat dan Sandy Walsh sebagai WNI ke FIFA. Langkah itu dilakukan agar keduanya sudah bisa terdaftar sebagai pemain yang bernaung di bawah PSSI.

"Nantinya, ada surat kita ke FIFA tentang perubahan federasi dari Spanyol dan Belanda ke Indonesia yaitu PSSI," ujar Iriawan.

"Mohon doanya agar proses ini cepat segera selesai. Sehingga mereka berkeinginan untuk cepat memperkuat Timnas Indonesia yang akan main di Piala AFF," tegas Iriawan.

5 dari 5 halaman

Dititip Pesan

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, berpesan agar Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa bermanfaatkan setelah menjadi WNI. Sandy Walsh dan Jordi Amat disebut punya kemampuan untuk mengawal lini pertahanan skuad Merah Putih.

"Tiba juga pada saatnya. Dua yang kita tunggu dan nanti kami lantik, janji kewarganegaraanya yaitu menjadi Warga Negara Indonesia. Kalau melihat dari posturnya, kami sangat yakin dan percaya beliau berdua akan sukses dalam memberikan perlindungan terhadap pertahanan gawangnya Indonesia," kata Ibnu.

"Mari kita doakan semoga beliau sukses dan membawa harum nama bangsa Indonesia, negara Indonesia, di dalam dunia persepakbolaan internasional," ucap Ibnu.

Video Populer

Foto Populer