Sukses


Utak-Atik Komposisi Pertahanan Timnas Indonesia Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh Jadi WNI: Banyak Opsi!

Bola.com, Jakarta - Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keduanya belum lama ini sudah menjalani tahap akhir dari proses naturalisasi, yakni mengucapkan janji setia menjadi WNI.

Jordi Amat dan Sandy Walsh pun kini sudah memegang paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia. KTP keduanya kebetulan beralamat di Jakarta Selatan.

Kehadian Amat dan Walsh menjadi angin segar bagi lini belakang Timnas Indonesia. Keduanya memang pemain yang bermain di posisi itu.

Jordi Amat dikenal sebagai bek tengah tangguh. Sementara Sandy Walsh adalah bek sayap yang bisa ditaruh di posisi bek tengah dan gelandang sayap.

Bola.com memiliki beberapa opsi yang bisa dipilih oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam memanfaatkan potensi dua pemain naturalisasi itu. Berikut ulasannya:

2 dari 5 halaman

Trio Keturunan

Trio pemain keturunan bisa saja menjadi opsi di lini belakang Timnas Indonesia. Trio ini berisi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Mereka bisa menjadi trio stopper yang tangguh dalam formasi 3-4-3 atau 3-5-2 yang kerap diterapkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Kebetulan ketiganya bisa saling melengkapi. Jordi bisa menempati posisi stoper tengah. Baggot dengan kekuatan kaki kiri bisa ditempatkan di sebelah kiri. Sementara Walsh menempati posisi stoper kanan.

3 dari 5 halaman

Kesempatan Rizky Ridho

Bek muda lokal, Rizky Ridho, pun bisa saja mendapatkan kesempatan yang sama jika Shin Tae-yong menggunakan formasi tiga bek atau empat bek.

Dalam formasi empat bek, Rizky bisa mendampingi Jordi Amat di posisi bek tengah. Sementara di posisi bek sayap bisa diisi Sandy Walsh dan Pratama Arhan.

Asnawi Mangkualam Bahar pun tak boleh diremehkan. Asnawi bakal menjadi pesaing kuat bagi Sandy Walsh di posisi bek kanan.

4 dari 5 halaman

Jangan Lupakan Fachruddin

Meski sudah kedatangan Jordi Amat, peran Fachruddin Aryanto tak bisa disepelekan. Fachruddin adalah pemain dengan caps terbanyak di skuad Garuda saat ini.

Pada Piala AFF 2022 nanti, peran Fachruddin masih sangat dibutuhkan. Duetnya dengan Jordi Amat menarik dinanti di lini belakang.

Keduanya dibekali pengalaman yang bagus dan ketenangan yang sudah teruji. Duet ini tampaknya cukup menarik untuk dinantikan.

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup di Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer