Sukses


Menunggu Debut Ramadhan Sananta di Piala AFF 2022, Mampukah Samai Rekor Boaz Solossa 18 Tahun Lalu?

Bola.com, Jakarta - Ramadhan Sananta berpotensi menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Ramadhan masuk daftar 28 pemain yang didaftarkan pelatih Shin Tae-yong. Jika tidak ada pengurangan lagi, maka kans Ramadhan debut semakin besar.

Pelatih asal Korea Selatan itu memanggil pemain berusia 19 tahun ini, karena performa apiknya bersama PSM di Liga 1 2022/2023.

Menengok ke belakang 18 tahun lalu, kesempatan sama juga dialami Boaz Solossa di pentas Piala AFF 2004. Ketika itu Boaz dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Peter White berstatus pemain non-klub yang bersinar di PON Palembang.

2 dari 5 halaman

Bakal Seperti Boaz?

Pada debut itu, Boaz Solossa mendampingi tiga bomber sarat pengalaman seperti Ellie Aiboy, Ilham Jayakesuma, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Sementara Ramadhan Sananta nanti bergabung bersama tiga penyerang senior macam Dimas Drajad, M. Rafli, dan Dendi Sulistyawan.

Apakah Sananta mampu mengikuti jejak kehebatan Boaz Solossa di turnamen level Asia Tenggara nanti? Rasanya patut ditunggu kiprah lajang kelahiran Daik, Riau ini.

 

 

3 dari 5 halaman

Mengenang Debut Boaz

Pada debutnya, Boaz Solossa diplot sebagai penyerang sayap bersama Ellie Aiboy untuk menjepit Ilham Jayakesuma sebagai striker tengah. Hasilnya sungguh luar biasa.

Boaz Solossa yang kala itu masih berusia 17 tahun punya tenaga kuda untuk mengobrak-abrik lawan dari sisi sayap. Total dia mencetak empat gol hingga akhir hajatan Piala AFF 2004. Sementara Ilham Jayakesuma menyabet gelar top scorer dengan koleksi tujuh gol.

4 dari 5 halaman

Sayap Vs Penyerang Tengah

Pertanyaan berikutnya, pola apa yang bakal dipakai Shin Tae-yong agar Sananta punya jatah menit bermain di Piala AFF nanti?

Jika Sananta diskenario seperti Boaz di sayap, dia berpeluang punya sinar di skuad Garuda kali ini. Namun, bila Sananta dipasang sebagai penyerang tengah rasanya berat.

Karena dia harus bersaing dengan M. Rafli dan Dendi Sulistyawan untuk mendampingi Dimas Drajad yang posisinya tak tergeserkan sebagai penyerang utama.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

Brunei Darussalam/Timor Leste Vs Timnas Indonesia

30 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer