Sukses


Dua Sisi Penampilan Spasojevic di Bali United dan Timnas Indonesia: Yakin Moncer di Piala AFF 2022?

Bola.com, Jakarta - Kejutan datang dari pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Pelatih Shin Tae-yong memanggil Ilija Spasojevic untuk bergabung dengan tim.

Pemanggilan ini menjadi yang paling dinantikan Ilija Spasojevic. Maklum, penyerang naturalisasi itu belum pernah membela Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Spasojevic sebelumnya hanya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 lalu. Namun, performanya tak mampu menarik perhatian dari pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Ketika itu, Shin Tae-yong mengeluhkan kualitas fisik Spaso. Di sisi lainnya, Spasojevic dianggap sudah terlalu tua untuk membela Timnas Indonesia.

Padahal, statistik mencatat Ilija Spasojevic masih punya ketajaman sebagai seorang penyerang. Bahkan, sang striker masih jadi andalan Bali United sejauh ini.

2 dari 5 halaman

Tampil Tajam

Ilija Spasojevic tampil tajam bersama Bali United musim ini. Sebelum kompetisi Liga 1 dihentikan pada awal Oktober 2022, Spasojevic tercatat sukses mencetak tujuh gol dan satu assist.

Pencapaian itu dibukukan dalam 11 pertandingan. Performa gemilang Spaso memang tidak mengherankan.

Sebagai penyerang, Ilija Spasojevic merupakan tipikal lengkap. Dia bisa diandalkan dalam mencetak gol melalui kaki kiri dan kanan hingga sundulan kepala.

Secara keseluruhan, Spasojevic sudah membukukan 68 gol dan 15 assist. Jumlah itu dikumpulkan dalam 129 pertandingan sejak bergabung dengan Bali United pada 2017.

3 dari 5 halaman

Cukup Menjanjikan

Spasojevic tercatat memulai debut di Timnas Indonesia pada 2017. Pemain berpostur 187 cm itu telah bermain sebanyak lima pertandingan untuk Tim Garuda.

Statistik mencatat, dalam lima laga itu Ilija Spasojevic sukses mencetak empat gol. Pencapaian yang tidak buruk-buruk amat bila dirata-ratakan.

Spasojevic sebenarnya cukup membutuhkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Kesempatan itu tentu bakal dibayar dengan performa gemilang di lini depan.

Piala AFF 2022 bisa menjadi ajang pembuktian buat Spasojevic. Shin Tae-yong diharapkan berani mempertaruhkan pendiriannya dalam pemilihan Spasojevic.

4 dari 5 halaman

STY Jilat Ludah Sendiri?

Pelatih Shin Tae-yong bak menjilat ludah sendiri saat memanggil Spasojevic. Pelatih asal Korea Selatan itu sebelumnya sudah berulang kali enggan memanggil Spasojevic karena alasan usia dan tidak cocok dengan gaya melatihnya.

Meski tak menampik ketajaman di lini depan, Shin Tae-yong ketika itu menilai pemain berusia 35 tahun tersebut punya fisik yang buruk ketika berlatih bersamanya di Timnas Indonesia. Itulah yang jadi dasar Shin Tae-yong mengabaikan sang pemain.

"Spasojevic memang mencetak banyak gol di Liga 1. Namun, ketika ikut pemusatan latihan dia terlihat sangat capek dengan permainan yang saya inginkan," ujar Shin Tae-yong sebelum Piala AFF 2020.

"Soal penyelesaian akhir, Spasojevic memang sangat baik. Namun, saya memutuskan untuk tidak memanggil dia ke Timnas Indonesia di Piala AFF," tegas Shin Tae-yong ketika itu.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia pada TC di Bali

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer