Sukses


12 Anak Indonesia Terbang ke Barcelona: Ada Target yang Lebih Penting Ketimbang Juara

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 12 anak-anak Indonesia akan berangkat ke Barcelona, Spanyol, hari ini, Selasa (13/12/2022). Anak-anak usia U-12 itu akan tampil di turnamen sepak bola usia dini, TicTac Cup 2022, yang akan berlangsung pada 16 hingga 18 Desember 2022.

Sebelum berangkat ke Barcelona, ke-12 anak Indonesia itu terlebih dulu bertemu dengan pihak Kemenpora. Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, melepas keberangkatan mereka pada Senin (12/12/2022).

Dalam pesannya untuk anak-anak Indonesia yang akan menjadi wakil Indonesia di Barcelona itu, Raden Isnanta pun menegaskan bahwa ada hal penting yang harus dicari oleh para pemain masa depan Indonesia itu selama di Barcelona.

"Belajarlah bagaimana membangun komunikasi antarpemain di lapangan, terlebih mengenai disiplinnya. Semua bisa dipelajari di sana tanpa harus disuruh, tapi dengan langsung melihat sendiri," ujar Raden Isnanta kepada ke-12 anak tersebut.

"Jangan kejar juara, tapi tuntutlah ilmunya. Belajar di sana, dalami bagaimana pelatihan di sana. Jadi pulang dari sana oleh-olehnya adalah ilmu dan keterampilan," lanjut Deputi III Kemenpora itu.

Kemenpora berharap ke-12 anak Indonesia itu punya kelanjutan masa depan yang baik setelah nanti pulang dari Spanyol hingga nantinya bisa memperkuat tim nasional, baik Timnas U-16 maupun U-19.

"Kami akan mendukung dan mengkalkulasi bagaimana kelanjutan anak-anak nanti setelah pulang dari Spanyol. Ke depan mereka harus menjadi pesepak bola andal Indonesia. Banyak pemain dari Asia bisa main di Eropa, Afrika juga bisa. Masa kita tidak bisa? Kita berharap suatu saat Indonesia bisa ada di Piala Dunia lewat adik-adik ini," ujar Isnanta.

"Jadi, nanti sepulangnya dari sana, fisik, taktik, teknik, taktik dan strategi harus dijaga dan dikembangkan sampai kira-kira delapan tahun ke depan. Bermain di Timnas U-19, sebelumnya juga bisa masuk Timnas U-16, kita lihat siapa saja dari 12 anak ini yang akan memperkuat tim nasional nantinya," lanjutnya di depan anak-anak Indonesia yang akan terbang ke Barcelona itu.

2 dari 3 halaman

Juara Hanya Bonus

NYXS Dream Team Indonesia tergabung di Grup B TicTac Cup 2022, bersama Barcelona, Benfica, dan RC Deportivo. Jika bisa lolos dari fase grup, anak-anak Indonesia ini bisa berkesempatan menghadapi tim akademi dari klub besar lain, Real Madrid atau Paris Saint-Germain (PSG).

Namun, seperti halnya yang disampaikan Raden Isnanta mengenai apa yang harus dicari oleh anak-anak Indonesia selama di Barcelona, Direktur NYXS Asia Tenggara, Khairul Asyraf, menegaskan bahwa gelar juara bukan target yang dicanangkan, melainkan bagaimana anak-anak ini bisa mendapatkan pengalaman yang lebih besar untuk menatap masa depannya.

"Impian kami adalah menjadi jembatan bagi anak-anak yang memiliki hobi olahraga di Indonesia. Kami tidak punya target tim di sana. Kalaupun bisa juara, itu hanya bonus, karena kesempatan ke Barcelona ini adalah untuk mendapat pelajaran dan pengalaman," ujar Asyraf pada kesempatan yang sama.

Ke-12 anak Indonesia yang berangkat ke Spanyol merupakan pemain pilihan terbaik yang tampil dalam NYXS BLisPI (Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia) Cup 2022 yang digelar pada November 2022. Ke-12 anak Indonesia itu akan didampingi Usman Halik sebagai pelatih selama di Barcelona yang akan dibantu oleh Firdaus sebagai asisten pelatih.

"Semoga ini menjadi awal yang bagus bagi ke-12 anak Indonesia ini. Siapa tahu ada yang bisa mendapatkan kesempatan untuk direkrut oleh akademi Real Madrid atau klub lain di sana," ujar Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan.

 

 

 

3 dari 3 halaman

12 Anak XYXS Dream Team Indonesia

1. Zaki Rizwan Al Fajri (Bekasi)

2. Muhammad Fadly Febriansyah (Makassar)

3. Muhammad Al Fathanah (Makassar)

4. Abdeil Muhammad Belva (Bandung)

5. Algifarih (Makassar)6. Noa Adithya Denis (Bali)

7. Rakata Fauzi Abdillah (Yogyakarta)

8. Joe Gerald Sianturi (Bekasi)

9. Febrian Jovas Nararya (Bandung)

10. Faruq Algifarih (Tangerang)

11.Gazendra Prayata (Jakarta)

12. Surya Pringga (Tangerang).

Video Populer

Foto Populer