Sukses


Sah! Jokowi Tanda Tangan Keppres Naturalisasi, Shayne Pattynama Tinggal Ucap Sumpah Kewarganegaraan demi Perkuat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terhadap naturalisasi Shayne Pattynama untuk Timnas Indonesia.

Amali mengungkapkan bahwa Shayne Pattynama tinggal melakukan pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta untuk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Shayne Pattynama telah ditanda tangan oleh Pak Presiden Jokowi," ujar Amali dalam keterangan tertulisnya.

"Selanjutnya, yang bersangkutan akan mengikuti pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta," jelas Amali.

2 dari 6 halaman

Pemain Naturalisasi Ketiga

Shayne Pattynama bakal menjadi pemain ketiga yang dinaturalisasi PSSI dalam beberapa bulan terakhir demi Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Sandy Walsh dan Jordi Amat telah lebih dulu menyelesaikan proses perpindahan kewarganegaraan pada November 2022.

Pattynama adalah bek Viking FC di Liga Norwegia yang lahir di Belanda. Darah Indonesia mengalir deras dalam tubuh pemain berusia 24 tahun itu.

3 dari 6 halaman

Berdarah Semarang

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani sempat menjelaskan bahwa ayah Pattynama berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Jika sang pemain telah menjadi WNI, PSSI mesti mengurus perpindahan asosiasi Pattynama dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA sebelum disahkan memperkuat Timnas Indonesia.

4 dari 6 halaman

Harapan Amali

"Kami berharap proses ini bisa segera, termasuk perpindahan asosiasi dari Eropa ke Asia," ungkap Amali.

"Dengan kehadiran Pattynama, diharapkan dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia pada pertandingan-pertandingan ke depan," ucapnya.

5 dari 6 halaman

Main 18 Kali di Liga Norwegia 2022

Pattynama telah menuntaskan musim Eliteserien atau kasta teratas Liga Norwegia 2022 bersama FK Viking pada November 2022.

Pemain berpostur 180 cm itu membukukan 18 penampilan, dengan 14 di antaranya sebagai starter dari 30 pertandingan FK Viking.

6 dari 6 halaman

Rekomendasi Shin Tae-yong

Naturalisasi Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat berasal dari rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Ketiganya diproyeksikan dapat bermain untuk tim berjulukan Skuad Garuda itu pada Piala Asia 2023, meski Jordi Amat telah beraksi di Piala AFF 2022.

Video Populer

Foto Populer